HomeHankam

16 WNI di Marawi Belum Bisa Dievakuasi

16 WNI di Marawi Belum Bisa Dievakuasi

BOGOR, SUARADEWAN.com – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mengatakan kondisi 16 orang WNI yang masih berada di Marawi Fillipina dalam kondisi baik-baik saja. Mereka terjebak di Marawi sebab kota itu menjadi medan perang antara kelompok teror terafiliasi ISIS dengan pasukan keamanan Fillipina.

“Menurut otoritas setempat, mereka dalam kondisi baik,” kata Retno di Kompleks Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (29/5).

Baca Juga:  WNI di Wilayah ISIS: Kami Sakit-sakitan, Ingin Pulang ke Indonesia

Diungkapkan Retno, berdasarkan informasi dari KJRI di Manilla 16 orang WNI itu tersebar di beberapa lokasi. Mereka belum bisa dievakuasi karena Marawi masuh dibawah operasi militer oleh pemerintah Fillipina sesuai perintah Presiden Rodrigo Duterte.

“Memang sampai sekarang kita tidak atau belum bisa bergerak karena dari kontak kita dengan otoritas setempat, operasi masih terus dilakukan. Sehingga tidak mungkin ada pergerakan apapun,” tukasnya.

Baca Juga:  Diundang Bedah Penanggulangan Terorisme, Bachtiar Nasir dan Jubir HTI Tidak Hadir

Mengenai isu dugaan keterlibatan WNI dalam kelompok terfiliasi ISIS itu, Retno belum bisa berkomentar banyak. Sebab, menurut pengakuannya, hingga saat ini pihaknya masih berusaha mengkonfirmasi hal itu pada otoritas Fillipina.

“Saya mencoba untuk mengkonfimasikan kepada otoritas setempat sampai sekarang saya belum mendapatkan konfirmasi mengenai yang satu itu,” pungkasnya. (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: