HomeDaerahPulau Jawa

Menuju Pilgub, Analis Komunikasi Politik: Pemilih Muda Sasaran Baik Bagi KPUD

Menuju Pilgub, Analis Komunikasi Politik: Pemilih Muda Sasaran Baik Bagi KPUD

BANDUNG,SUARADEWAN.com – Menuju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar) di tahun 2018, pemilih muda merupakan sasaran yang baik bagi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) dalam menyosialisasikan pentingnya Pilkada ataupun Pemilu. Hal tersebut disampaikan oleh Analis Komunikasi Politik Dedi Kurnia Syah Putra.

Menurutnya, Jabar merupakan wilayah potensial dalam mendulang suara, dengan komposisi pemilih terbesar secara nasional. Tidak menutup kemungkinan banyak konflik kepentingan yang turut meramaikan kontestasi politiknya.

”Tren politik nasional hari ini berada pada titik puncak keterbukaan, propaganda diproduksi secara bebas di media sosial, penggiatnya lebih banyak kalangan pemilih muda, sehingga literasi menjadi penting untuk membekali pengetahuan politik,” ujar Dedi kepada Suaradewan.com saat dihubungi melalui sambungan telephone, pada Kamis (22/03/2018).

Baca Juga:  Ma'ruf Amin Didapuk Sebagai Cawapres Jokowi, Begini Tanggapan Analis Politik

Doktor diplomasi politik ini juga meyakini bahwa anak-anak muda masih memiliki idealisme yang teguh. “Politik yang baik harus dimulai dari idealisme, dan anak-anak muda memiliki lebih banyak dibandingkan pemilih lama, ini potensial untuk menanamkan politik bersih, jujur dan berintegritas,” paparnya.

Baca Juga:  Contoh Bung Hatta, Pengamat Politik Ini Jadikan Buku Sebagai Mahar Pernikahannya

Jika melihat pada pelaksanaan Pilgub Jawa Barat periode lalu, sambung Dedi, hanya ada 20.713.779 suara pemilih. Sementara sisanya sebanyak 11.786.221 memilih untuk Golput. Angka tersebut bahkan lebih tinggi dari suara pemenang, yaitu Pasangan Ahmad Heryawan dan Deddy Mizwar yang mendapatkan 6.515.313 suara.

“Banyak faktor pengaruhi angka Golput, dan literasi politik merupakan salah satu cara menekan angka itu” tutup Direktur the Centre for Media, Gender and Democracy (CMGD). (FN)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0