HomeHukum dan HAM

9 Calon Komisioner Komnas HAM Punya Hubungan dengan Ormas Radikal

9 Calon Komisioner Komnas HAM Punya Hubungan dengan Ormas Radikal

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Sebanyak Sembilan calon komisioner Komnas HAM berafiliasi dengan kelompok atau ormas radikal. Fakta ini ditemukan berdasarkan hasil penelusuran rekam jejak yang dilakukan oleh sejumlah organisasi masyarakat sipil yang tergabung dalam Koalisi Selamatkan Komnas HAM.

“Dari hasil penelusuran rekam jejak diketahui sembilan orang dari 60 calon komisioner Komnas HAM memiliki kaitan dengan organisasi atau kelompok radikal,” ungkap salah satu anggota koalisi dari Pusat Bantuan Hukum Indonesia, Totok Yulianto, minggu (2/7/17).

Baca Juga:  Jokowi: Ormas Penentang Pancasila dan NKRI Harus Ditindak Tegas

Yoyok menjelaskan, selain menemukan 9 calon yang bermasalah karena berkaitan dengan ormas radikal, timnya juga menemukan 13 orang berafiliasi dengan partai politik dan 13 orang berafiliasi dengan korporasi, sehingga dinilai tidak independen.

“Sementara dari segi integritas, lima orang diduga terkait masalah korupsi dan gratifikasi, sebelas orang bermasalah dalam hak kejujuran, delapan orang terkait kekerasan seksual dan 14 orang bermasalah dalam isu keberagaman,” bebernya.

Baca Juga:  Pemuda Muhammadiyah Dukung Pembubaran HTI

Penelusuran rekam jejak, sebut Totok, dilakukan oleh anggota koalisi dengan menghimpun data sekunder dari media massa, media sosial pernyataan calon saat dialog publik. Setelah itu koalisi Juga mewawancarai para calon komisioner.

Dari 60 calon komisioner, lima calon menolak memberikan informasi dan tujuh calon tidak memberikan informasi secara keseluruhan. (dd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: