Profil  

Abdul Rahman Farisi: Mengabdi Demi Keadaban Politik

Padahal, bagi ARF, pola pengambilan keputusan dalam alokasi anggaran di Indonesia tidak sepenuhnya berdasarkan suatu sistem perencanaan yang baik, tapi juga ada peran aktor yang ditentukan melalui interaksi dinamis antara para aktor penting di daerah dan Jakarta.

“Dari pelajaran dan pengalaman kepala-kepala daerah itu, saya paham bagaimana merumuskan solusi untuk menyelesaikan persoalan anggaran yang minim serta ketiadaan jejaring investor nasional untuk berkontribusi terhadap pembangunan Sulawesi Tenggara ke depannya” lanjutnya.

Pun terkait ihwal pengelolaan anggaran daerah, ARF memiliki pengalaman mumpuni. Sejak akhir tahun 2014 hingga saat ini, ARF tercatat sebagai tenaga Ahli Ahli BPK RI.

Di lembaga pemeriksa keuangan ini, dia berkesempatan menyaksikan dari dekat bagaimana manajemen pengelolaan anggaran pada instansi pemerintah pusat dan daerah.

Hal yang paling serius menurut ARF adalah peran Top Leader dalam memastikan anggaran dikelola dengan transparan, bertanggung jawab, dan bermanfaat sebesar-besarnya bagi kemakmuran rakyat. Dua sisi yang mesti bisa dilaksanakan sekaligus agar setiap sen rupiah uang negara bermanfaat bagi kesejahteraan rakyat.

Di samping itu, karir ARF berangkat dari rute politik nonkonvensional yang tentu sangat membedakannya dengan rute politik kandidat lain. Ia mampu menciptakan modal politiknya sendiri. Ia konsisten menekuni kajian pembangunan daerah, kebijakan publik, dan politik anggaran.

Baca Juga:  Somaya Faruqi Gadis 18 Tahun Pencipta Ventilator Robotik Corona Berbiaya Murah

Memperjuangkan ide-ide kesejahteraan rakyatnya di berbagai forum, organisasi sosial, hingga lembaga pemerintah, kiprah inilah yang mengantarkan ARF memiliki jejaring sosial politik luas. Dari organisasi masyarakat, aktivis, lembaga penelitian, universitas, pejabat pemerintah, pengusaha, elit partai politik dari daerah, hingga pusat.

Baca juga: Terima Pinangan, Abdul Sadat Siap Menjadi Bakal Calon Wakil Gubernur Sultra

Singkat kata, kekuatan jaringan politiknya bahkan bisa disamakan dengan politisi senior lainnya di Sultra. Kapasitas politik programatiknya dapat dilihat dari berbagai kebijakan inovasi pengentasan kemiskinan di berbagai daerah telah ia pelajari dan rumuskan.

Belum lagi, pendekatan politik ARF pun berbeda dari kebanyakan kandidat lainnya. ARF mendekatkan diri kepada pemilih dengan cara yang lebih rasional dan mendidik.

“Masyarakat Sultra harus didudukkan secara terhormat di atas panggung politik bukan hanya sebatas pemilik suara yang dimobilisasi saat momen eloktoral, tetapi sebagai elemen utama yang mesti dipenuhi kebutuhan serta diperjuangkan kesejahteraannya,” jelasnya.

Karena itu, gagasan politik serta program ARF dirumuskan berdasarkan dialog secara langsung dengan rakyat, lewat diskusi-diskusi intens dari kampung ke kampung, yang dari sanalah solusi nyata perbaikan taraf hidup masyarakat disusun sebagai program-program prioritas.

Baca Juga:  Bahlil Lahadalia, Mantan Kuli Panggul yang Kini Jadi Pengusaha Sukses
Abdul Rahman Farisi Akrab Disapa Boge

Melalui pendekatan dan cara yang tidak biasa seperti itu, sekali lagi, ARF tidak sekedar sedang berusaha memenangkan kontestasi pemilihan gubernur. Tapi jauh lebih besar daripada itu, ARF sedang memperjuangan sebuah keadaban politik yang lebih baik.

Dengan demikian, dari rekam jejak pengalamannya berinteraksi dan mengelola banyak organisasi, serta menginternalisasi diri pada panggung ekonomi nasional, ARF hendak memastikan bahwa itikad serta ikhtiar pengabdiannya untuk rakyat Sulawesi Tenggara bukanlah sesuatu yang datang secara tiba-tiba. ARF memberi diferensiasi sekaligus mendobrak pola kepemimpinan lokal yang primordial.

ARF menunjukkan bahwa pemimpin bukanlah sesuatu instan. Pemimpin yang baik, menurutnya, adalah yang mesti memiliki gagasan yang jelas, kongkrit, dan rasional, serta ditempa dan dibentuk oleh pengalaman panjang.

Inilah salah satu alasan mengapa ARF ikut turun tangan dalam kontestasi pemilihan gubernur Sulawesi Tenggara 2018. Dan jelas, apa yang menjadi perjuangan ARF adalah perjuangan mewujudkan kesetaraan atau keadaban politik. Sebuah harapan dan angin segar bagi kita semua, terkhusus masyarakat Sultra, bahwa kelak anak-anak kita akan memiliki optimisme untuk berjuang bersama-sama dalam rangka mewujudkan mimpi dan cita-citanya. (MS)

Previous

Tinggalkan Balasan

banner 728x90