Ada Festival Mahakam di Bulan November, Bakal Rugi Kalau Gak Datang . . . . !

SAMARINDA, SUARADEWAN.com – Akan ada pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (Muri) di Festival Mahakam ke 17, yang akan digelar mulai 3-5 November ini. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Samarinda, HM Faisal.

Faisal mengatakan, pemecahan rekor MURI untuk 1.234 anak akan melaksanakan edukasi topping pancake, atau belajar bersama membuat topping pancake Pondan. Kegiatan ini digelar 4 November 2017 pukul 10 di Atrium Bigmall Samarinda.

Di Festival Mahakam kali ini, kata Faisal, banyak kegiatan unik yang dilambangkan dengan deret angka kelipatan lima, 1 sampai 1.000.

“Satu itu untuk satu kegiatan pemecahan rekor Muri,” kata Faisal.

Baca juga:

Baca Juga:  Jalin Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Pariwisata, DPR Hadiri Undangan Senat Ceko

Selanjutnya, ada angka 5 yang melambangkan jumlah perlombaan yang terpusat di perairan sungai Mahakam. Sementara, lanjut Faisal, angka 10 melambangkan 10 acara budaya yang akan ditampilkan di Festival Mahakam 2017 kali ini.

“Kemudian angka 50 adalah jumlah pemain yang akan tampil berpartisipasi dalam Sampe Music Festival, sedangkan angka 100 adalah jumlah group band yang akan tampil nonstop dalam Parade Band Indie dan Pub nantinya di Tepian Mahakam selama 3 hari” ujar Faisal.

Belum berhenti sampai disitu, angka 500 merupakan jumlah pasangan ibu dan anak yang akan mengikuti Family Art Competition. Terakhir, angka 1000 yang melambangkan jumlah Hudoq dan pengiringnya yang akan tampil di acara parade budaya, serta pelaksanaan upacara adat, Hudoq Kawit.

Baca Juga:  Wakil Bupati Boltim Monitoring Pembuatan LKPD

Sementara itu, lomba di perairan Sungai Mahakam semuanya dilaksanakan pada hari 5 November 2017. Titik pelaksanana dipusatkan di dermaga Kantor Gubernur, Jalan Gajah Mada mulai pukul 07.00 Wita.

“Dimulai lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam, kemudian lomba perahu tambangan, power boating, perahu dompeng hingga  jetski,” urai Faisal.

Masih di hari yang sama, tepatnya di malam hari, akan ada  50 pemain Sampe beraksi di Sampe Music Festival di halaman Kantor Gubernur.

“Selanjutnya 500 pasangan di Lomba Menggambar Minggu pagi di Atrium Bigmall, dan parade 1000 Hudoq di Taman Samarendah hingga Kantor Gubernur bersamaan dengan Parade Ragam Pencak Silat dan Lomba Kirab Drum Band,” tutur Faisal.

(sumber :  kaltim.tribunnews.com)

Tinggalkan Balasan

banner 728x90