Afghanistan Keluarkan Larangan Perempuan Bekerja

SUARADEWAN.com – Afghanistan di bawah pemerintahan Taliban mengeluarkan larangan kerja bagi perempuan pada akhir minggu lalu.

Keputusan tersebut dikonfirmasi oleh Juru Bicara Kementerian Ekonomi Afghanistan, Abdulrahman Habib.

Adulrahman Habib mengatakan larangan bekerja bagi para pekerja perempuan di seluruh Afghanistan hingga ada pemberitahuan selanjutnya.

Keputusan ini berhubungan dengan beberapa organisasi non pemerintah (ornop) tak mematuhi kebijakan pemerintah Afghanistan mengenai aturan berpakaian yang harus Islami bagi para perempuan.

Maka. sejak minggu lalu seluruh organisasi non pemerintah lokal maupun asing tidak dapat melakukan kegiatannya dengan maksimal karena seluruh pekerja perempuan tidak dapat masuk kerja.

Bahkan ada 4 Non Government Organization (NGO) yang akhirnya berhenti berkegiatan karena hal tersebut.

Keempat NGO yang berhenti beroperasi itu adalah Save the Children, Norwegia Refugee Council, Care International, dan International Rescue Committee.

Juru bicara keempat organisasi tersebut mengatakan,”Kami tidak dapat secara efektif menjangkau anak-anak, perempuan dan laki-laki yang sangat membutuhkan di Afghanistan tanpa staf perempuan kami.”

Namun, setelah pembatasan tersebut, bukannya mereda, pemerintah Taliban justru menambah larangan dengan menghapus kesempatan para perempuan untuk dapat berkuliah.

Keputusan tersebut tentu menuai kecaman dari berbagai pihak. Termasuk dari Amerika Serikat dan Qatar.

Pemerintah Taliban menanggapi sikap berlawanan tersebut dengan ‘memukul balik’ kritik dunia internasional pada kebijakannya.

Juru bicara Pemerintah Taliban, Zahibullah Mujahid, mengatakan bahwa pemerintahannya ingin seluruh institusi yang beroperasi di Afghanistan menjalankan kebijakan resmi mereka.

“Kami tak ingin siapapun untuk bicara tak berguna atau membuat ancaman terkait keputusan para pimpinan kami dengan mengatasnamakan bantuan internasional,” tegas Mujahid. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90