HomePolitik

Agung Laksono Pertanyakan Maksud Kursi Pimpinan DPR 7 Orang

Agung Laksono Pertanyakan Maksud Kursi Pimpinan DPR 7 Orang

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Mantan Ketua DPR RI Agung Laksono mempertanyakan maksud usulan yang menginginkan kursi pimpinan DPR ditambah menjadi 7 orang.

Menurutnya usulan itu perlu dipertimbangkan kembali mengingat usulan itu banyak dikecam oleh masyarakat.

“Jangan sampai fraksi ini orientasinya tidak ke rakyat, tapi justru malah justru haus kekuasaan dengan mencari kursi pimpinan,” ujar Agung, Minggu (28/5).

Agung mencontohkan dimasa kepemimpinannya pimpinan DPR hanya 4 orang namun bisa bekerja dengan optimal. Dibandingkan dengan saat ini pimpinan DPR ada 5 orang namun kinerjanya justru tergolong rendah.

Baca Juga:  IPC Sangsi DPR Mampu Rampungkan 169 RUU Menjadi UU

Karena itu, Agung khawatir jika usulan itu terealisasi maka akan menimbulkan persepsi DPR yang buruk di mata masyarakat, sebab dianggap orientasinya bukan untuk peningkatan kinerja.

Selain itu, Agung juga menilai bertambahnya pimpinan DPR itu berarti juga menambah beban anggaran negara, sebab mereka mesti mendapatkan sejumlah hak protokoler seperti mobil dinas, rumah dinas, tunjangan, pengawalan, dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Ketua MPR Gelar Buka Puasa Bersama Presiden dan Pimpinan Lembaga Tinggi Negara

“Kalau ditambah jadi 7 berarti ada 6 wakil. Apa kerjanya? Apalagi MPR jadi 11. Mejanya kurang panjang itu. Jaman Pak Amien (Rais) 9 saja sudah uyel-uyelan. Dipertimbangkan masak-masak lagi lah ide penambahan itu,” kata Agung.

Pernyataan Agung ini terjait dengan usulan penambahan Pimpinan DPR menjadi 7 orang dalam pembahasan Revisi Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD, dan DPD (MD3). (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: