Ahli Usulkan UU KPK Direvisi dan Bentuk Dewan Pengawas KPK

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ahli hukum pidana Romli Atmasasmita mengusulkan supaya Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (UU KPK) direvisi untuk penguatan lembaga tersebut.

Menurut Romli hal itu perlu dilakukan supaya gerak pemberantasan korupsi di tanah air bisa berlangsung semakin efektif dan efisien.

Selain itu dengan dilakukannya revisi atas Undang-undang nomor 30 tahun 2002 tentang KPK dam Undang-undang nomor 31 tahun 1999 perubahan Undang-undang nomor 20 tahun 2001 tentang Tindak Pidana Korupsi, maka diharapkan independensi lembaga anti rasuah tersebut lebih terjaga dan aman dari konflik kepentingan.

Hal tersebut diungkapkan Romli usai rapat dengan Pansus Hak Angket KPK di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (11/7).

Menurut Romli, salah satu poin penting yang perlu ada dalam revisi UU KPK tersebut mengenai pembentukan Dewan Pengawas KPK yang diputuskan Presiden tanpa melalui persetujuan DPR. Romli menyerankan Dewan ini nanti terdiri dari Pimpinan KPK, Mantan Pimpinan KPK dan Akademisi.

“Kedua revisi UU Tipikor yang menyangkut masalah mega korupsi. Lebih khusus lagi ada bab hukum acara khusus lebih rinci” kata Romli.

Selain itu ia juga menyarankan mengenai perlunya pemberian kewenangan yang sama pada Kepolisian, Kejaksaan dan KPK terkait hak dan anggaran supaya terjadi keseimbangan. Ini penting diperhatikan sebab menurut Romli sejauh ini fungsi supervisi dan koordinasi lembaga superbodi itu sudah gagal.

Jika kewenangan KPK nanti itu sama dengan polisi dan kejaksaan, maka komisioner KPK cukup ditunjuk saja oleh presiden melalui pansel, dan tidak perlu melalui persetujuan DPR lagi.

“Karena melalui perkembangan yang saya perhatikan mau tak mau calon mendatangi parpol untuk mendapat dukungan sehingga ada semacam balas budi. Pansel tapi terdiri dari orang-orang yang terseleksi. Hasil langsung ke Presiden. Tak lagi harus mutar-mutar lagi. Ini masalah konflik kepentingan juga,” beber Romli. (za)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90