HomeSkandalKontroversi

Ahok Anti-Korupsi, Mantan Pimpinan KPK: Siapa Bilang?

Ahok Anti-Korupsi, Mantan Pimpinan KPK: Siapa Bilang?

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pejabat anti-korupsi, bersih dari pungutan liar, musuh bebuyutan para koruptor, begitulah sejumlah titel yang tersemat di dalam diri seorang Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Meski demikian, mantan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto justru mengklaim hal yang sebaliknya. Menurutnya, dalam perjalanannya memimpin DKI, Ahok diduga banyak terlibat dalam kasus korupsi, yang kesemuanya sudah dilaporkan ke KPK.

“Kasus korupsi di DKI Jakarta era kepemimpinan Ahok sudah dilaporkan ke KPK. Bagaimana bisa disebut pemerintahan Ahok tidak korupsi kalua banyak perbuatan koruptif yang terjadi di DKI? Siapa bilang Ahok tidak koruptif? Ini sederet buktinya,” beber Bambang di Jakarta, Rabu (22/2/2017).

Dalam perbincangan itu, Bambang memaparkan sejumlah data dari laporan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) per Mei 2016 yang menunjukkan adanya indikasi koruptif di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Dan paparan ini disampaikan di posko pemenangan Anis Baswedan – Sandiaga Uno di Jalan Cicurug, Jakarta Pusat.

“Menurut laporan BPK 31 Mei 2016, pengendalian pengelolaan asset tetap masih belum memadai, yaitu pencatatan asset tetap tidak melalui siklus akuntansi dan tidak menggunakan sistem informasi akuntansi sehingga beresiko salah saji,” lanjut mantan Ketua Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (LBHI) ini.

Di samping itu, Bambang juga turut menyertakan bahwa BPK menemukan ketidakpatuhan terhadap peraturangan perundang-undangan oleh Pemprov DKI Jakarta sebanyak 15 temuan yang hampir mencapai Rp. 400 miliar. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0