HomeHukum dan HAM

Ahok: Bagi Saya Rizieq itu Pembohong

Ahok: Bagi Saya Rizieq itu Pembohong

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok terdakwa kasus dugaan penodaan agama, menyebut Imam Besar Front Pembela Islam Rizieq Syihab sebagai seorang pembohong dalam persidangan kasus penodaan agama yang diadakan di Auditorium Kementerian Pertanian, Jakarta Selatan, Selasa, 4 April 2017. 

“Rizieq selalu mengkampanyekan seolah-olah tidak boleh punya gubernur nonmuslim. Makanya dia melantik gubernur muslim. Ini yang saya katakan kebohongan. Bagi saya Rizieq itu pembohong,” kata Ahok.

Dalam Pernyataannya, Ahok mengatakan Surat Al-Maidah tidak menyebutkan keharusan memilih gubernur muslim. Tapi Rizieq selalu mengkampanyekan isi Surat Al-Maidah ayat 51, sehingga membuat masyarakat berpikir tidak boleh memiliki gubernur nonmuslim.

Surat Al-Maidah ayat 51 ditafsirkan sebagai berikut: Hai orang-orang beriman, jangan lah kamu mengambil orang-orang Yahudi dan Nasrani menjadi pemimpin-pemimpin (mu). Sebagian mereka adalah pemimpin yang bagi sebagian mereka yang lain. Barangsiapa di antara kamu mengambil mereka menjadi pemimpin, maka sesungguhnya orang itu termasuk golongan mereka. Sesungguhnya Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang zalim.

Kata pemimpin dalam ayat itu pun menjadi perdebatan oleh sejumlah ahli agama Islam. Sebab, makna aulia memiliki multi tafsir. Ada yang menafsirkan aulia sebagai pemimpin, tapi juga bisa disebut sebagai teman setia. 

Menurut Ahok yang menjadi persoalan bagi dia adalah ada orang yang menafsirkan ayat itu tidak sesuai dengan terjemahan resmi Departemen Agama, bukan mengenai terjemahan dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia, dan semua Ayat Suci Al-Qur’an disampaikan oleh Ulama.

Karena itu, Ahok menganggap dirinya difitnah atas ucapannya di Kepulauan Seribu. Sebab, ia merasa tidak pernah menyinggung, menafsirkan, dan mendebat soal ayat tersebut.

“Yang saya bicara bohong itu, tidak benar pakai Al-Maidah 51 tidak boleh pilih gubernur. Dalam ayat itu tidak pernah disebutkan bukan milih bupati,” ucapnya. (SD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: