HomeHukum dan HAM

Ahok Dipindahkan dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob Depok

Ahok Dipindahkan dari Rutan Cipinang ke Mako Brimob Depok

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Gubernur DKI Jakarta non-aktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dipindahkan penahanannya dari Rumah Tahanan (Rutan) Cipinang ke Markas Komando Brimob di Kelapa Dua, Depok, Rabu (10/5) dini hari.

Pemindahan penahanan tersebut, kata Kepala Rutan Cipinang, Asep Sutandar, untuk menjaga agar situasi tetap aman dan kondusif. Pasalnya, Rutan Cipinang saat ini sudah menampung sekitar 3.700 orang, atau sudah kelebihan kapasitas 1000 orang lebih. Apalagi petugas keamanannya hanya berjumlah 20 orang saja.

Baca Juga:  Ahok Ajukan Banding, PBNU: Itu Hak Hukumnya

Asep khawatir jika Ahok tetap ditahan di Rutan Cipinang yang over capacity itu, ditambah lagi dengan massa pro Ahok yang terus bertahan di depan Rutan, maka situasi akan berkembang tidak kondusif.

“Pekerjaan pasti terganggu, termasuk warga di dalam kan. Tamu ke dalam sulit nantinya,” ujar Asep pada wartawan, Rabu (10/5).

Baca Juga:  Ribuan Masyarakat Dukung Penangguhan Ahok Lewat Fotokopi KTP

Asep menjelaskan, proses pemindahan Ahok itu dilakukan setelah pihaknya berkoordinasi dengan Kepala Kepolisian Resor Jakarta Timur, Komisaris Besar Andry Wibowo.

Menurutnya, langkah ini perlu dilakukan untuk menjaga keamanan bagi semua pihak, termasuk untuk terdakwa Ahok sendiri.

“Ya untuk keamanan yang bersangkutan dan seluruhnya lah,” tukas Asep. (za/tr)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: