Airlangga Hartato: Tahun Ini Kartu Prakerja akan Berfokus pada Peningkatan Skil

SUARADEWAN.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto menjabarkan soal manfaat kartu Prakerja. Selama ini pemerintah, ungkapnya, telah banyak melakukan upaya-upaya untuk menciptakan lapangan kerja yang berkualitas.

“Pemerintah terus berupaya memastikan penciptaan lapangan kerja yang berkualitas, serta di sisi lain mendorong peningkatan kompetensi angkatan kerja,” tuturnya di akun instagramnya,  Sabtu (7/1/23).

Salah satu manfaat Kartu Parakerja, kata Airlangga, adalah untuk membantu munculnya berbagai peluang kerja yang berbasis kewirausahaan.

“Program Kartu Prakerja bukan hanya telah membantu munculnya berbagai peluang kerja baru berbasis kewirausahaan, termasuk adaptif dalam konteks ekonomi kreatif dan digitalisasi, tapi juga membantu meningkatkan transformasi dan keterampilan tenaga kerja dan calon tenaga kerja. Sejauh ini alhamdulillah Program Kartu Prakerja telah berhasil menjangkau 16 juta lebih penerima manfaat,” kata Airlangga.

Hal itu, kata dia,  selama ini telah bermanfaat dan dirasakan oleh para pencari kerja.

“Kebermanfaatan yang dirasakan bagi tenaga kerja dan pencari kerja, apalagi pada masa pandemi lalu di mana program ini juga berfungsi sebagai program semi-bansos, serta antusiasme masyarakat antara lain khususnya anak-anak muda terhadap Program Kartu Prakerja selama tahun 2022 lalu telah mendorong pemerintah untuk melanjutkan program ini di tahun 2023,” paparnya.

Dan tahun ini Kartu Prakerja berbeda dari tahun sebelumnya, yaitu lebih menekankan pada skema pelatihan dan peningkatan skil.  Bukan lagi menggunakan skema bansos.

“Sebagai informasi, Program Kartu Prakerja untuk tahun 2023 mengusung skema normal, bukan lagi skema bansos. Karena tidak lagi bersifat semi bansos, maka penerima bantuan lain seperti subsidi upah, BPUM, dan PKH DIPERBOLEHKAN menjadi peserta Program Kartu Prakerja. Program ini akan semakin fokus pada tujuan utamanya, yakni re-training, re-skilling, dan up-skilling. Tidak lagi bansos sebagaimana skema sebelumnya,” ujarnya.

“Implementasi skema normal Kartu Prakerja ini akan mulai dijalankan pada triwulan | 2023 dengan menyasar sejumlah bidang pelatihan keterampilan tertentu yang paling dibutuhkan di masa kini dan. masa mendatang,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90