HomeHukum dan HAM

Akhirnya HTI Resmi Dibubarkan Pemerintah

Akhirnya HTI Resmi Dibubarkan Pemerintah

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Polemik mengenai keberadaan organisasi masyarakat yang terindikasi anti Pancasila dan NKRI, Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) akhirnya mencapai titik terang dan sudah resmi dibubarkan Pemerintah mulai hari ini, Rabu (19/7).

Pembubaran HTI melalui pencabutan status hukumnya itu diumumkan oleh Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU) Kemenkumham, Freddy Harris di Kantor Dirjen Imigrasi di Jalan Rasuna Said Kavling 6 – 7, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (19/7).

Baca Juga:  Bubarkan HTI, Pemuda Muhammadiyah: Pemerintah Hina Demokrasi

Pembubaran tersebut sesuai dengan ketentuan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Organisasi Masyarakat Pasal 80 A.

Dijelaskan Freedy, jika ada pihak yang keberatan dengan keputusan Pemerintah ini maka pihak tersebut dipersilakan untuk menempuh upaya hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan RI.

Sebelumnya, HTI tercatat di Kemenkumham sebagai Badan Hukum Perkumpulan dengan nomor registrasi AHU-00282.60.10.2014 pada 2 Juli 2014.

Sehari sebelum pembubaran itu, yakni Selasa (18/7) kemarin HTI melalui kuasa hukumnya Yusril Ihza Mahendra mendaftarkan permohonan pengujian Perppu tentang Ormas itu di Mahkamah Konstitusi (MK). Menurut Yusril pihaknya menganggap Perppu tentang Ormas itu seluruhnya bertentangan dengan UUD 1945.

Baca Juga:  GP Ansor : Ormas Anti NKRI Harus Dihabisi

“Kami sudah dapatkan permohonan pengujian Perppu Nomor 2 Tahun 2017 kepada MK atas nama pemohon adalah HTI. Kami anggap seluruhnya bertentangan dengan UUD 1945,” kata Yusril. (za/an)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: