HomeDPR RI

Alasan Negara Tidak Punya Uang, Fahri Minta KPK dan Komnas HAM Dibubarkan

Alasan Negara Tidak Punya Uang, Fahri Minta KPK dan Komnas HAM Dibubarkan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah meminta agar lembaga non-strukural seperti Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan Komnas HAM dievaluasi.

Menurut Fahri, Indonesia sudah sudah mengalami konsolidasi demokrasi yang cukup baik, oleh karena itu keberadaan lembaga non-struktural sudah tidak dibutuhkan.

Yang terpeniting, Sebutnya adalah menguatkan lembaga inti negara, dan menghapus lembaga-lembaga sampir, sebab keberadaannya kadang membuat gaduh.

“Di negara-negara yang demokrasinya matang, lembaga-lembaga ini sudah enggak ada. Ada, misalnya nanti dia diindependenkan. Misal kayak Komnas HAM, pilih saja Komnas HAM atau Dirjen HAM,” sebut Fahri, Senin (3/7/17).

Lebih lanjut Fahri menyebut saat ini negara perlu berhemat. Namun dengan adanya lembaga-lembaga tersebut, menurut Fahri perlu dibubarkan.

“Coba evaluasi lagi, jangan-jangan lembaga ini memang enggak diperlukan. Mumpung kita ini lagi perlu hemat, bubarin saja. Toh ada fungsinya dalam negara,” imbuhnya.

“Ini kan enggak jelas. Kalau kita tanya Presiden gimana pemberantasan korupsi, ‘Oh dukung KPK’. Jangan gitu dong. Anda tanggung jawab. Ini harusnya dia bertanggung jawab kepada Presiden supaya dia bisa bertanggung jawab. Ini karena enggak, akhirnya liar. Koordinasi dengan lembaga gagal,” jelasnya lagi. (dd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: