HomeHankam

Aliansi Bela Garuda Nyatakan Dukungan Terhadap Perppu Nomor 2 Tahun 2017

Aliansi Bela Garuda Nyatakan Dukungan Terhadap Perppu Nomor 2 Tahun 2017

YOGYAKARTA, SUARADEWAN.com – Organisasi Masyarakat (Ormas) yang tergabung dalam Aliansi Bela Garuda (ABG) secara tegas mengeluarkan pernyataan sikap resminya, sebagai bentuk dukungan terhadap Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017.

Pernyataan sikap ABG tersebut, dilakukan setelah mencermati perkembangan situasi nasional, pasca keluarnya Perppu pembubaran ormas radikal dan anti Pancasila pada tanggal 12 Juli 2017, serta pencabutan ijin ormas HTI oleh Kemenkumham pada tanggal 19 Juli 2017 yang telah memunculkan polemik dimasyarakat.

Ketua Aliansi Bela Garuda Anang Zahron mengatakan, kondisi kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 saat ini sudah menghawatirkan.

Baca Juga:  Sejumlah Komunitas Masyarakat di Jawa Barat Dukung Pembubaran HTI

“Ada pihak-pihak yang ingin merongrong kewibawaan pemerintah dan integritas NKRI dengan mewacanakan idelogi-idelogi yang bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945,” kata Anang Zihron, pada Rabu (26/7).

Dikatakan Anang Zihron, langkah pemerintah dengan mengeluarkan perppu pembubaran ormas radikal dan anti Pancasila, serta pencabutan ijin ormasi HTI dinilai sudah tepat untuk mengeliminir tumbuh berkembangnya paham-paham radikal dan intoleran yang anti Pancasila.

“Aliansi Bela Garuda beserta elemen-elemen yang tergabung didalamnya, mendukung penuh kebijakan dan langkah yang telah diambil oleh pemerintah pusat dalam rangka untuk menyelamatkan dan mengamankan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945,” katanya.

Sehingga, sambung Anang Zihron, ABG menghimbau kepada segenap element masyarakat DIY dan lainnya, untuk mewaspadai berkembangnya ideologi khilafah HTI dan mendukung kebijakan pemerintah dalam mengamankan dan menyelamatkan NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Baca Juga:  Lagi, Kampanye Khilafah HTI Mendapat Penolakan Dari Masyarakat

“Kami menghimbau kepada segenap element masyarakat, tidak hanya diwilayah DIY saja tapi juga wilayah lain, untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan budaya toleransi,” pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, Aliansi Bela Garuda (ABG) merupakan wadah dari beberapa elemen masyarakat dan ormas di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang diantaranya terdiri dari Anshor Banser, Joxzin, Bamper, Gassak, Merapi, Piti, Abunawas, Intelektual Muhamadiyah DIY, Aktifis Pergerakan, Komunitas Seniman dan Budayawan DIY. (fn)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: