HomeEkonomi

Alibaba Investasi Rp 2,6 Triliun di Snapchat

Alibaba Investasi Rp 2,6 Triliun di Snapchat

SUARADEWAN.com – Raksasa retail online Cina, Alibaba, memperluas bisnisnya dengan menginvestasikan dana US$ 200 juta (sekitar Rp 2,6 triliun) pada perusahaan aplikasi Snapchat.

Ini membuat valuasi Snapchat meningkat hingga menjadi US$ 15 miliar (sekitar Rp 198 triliun).

Menurut sumber yang menceritakan investasi ini ke TechinAsia, langkah ini menyambung rangkaian investasi besar-besaran yang dilakukan Alibaba baru-baru ini.

Baca Juga:  Ini Surat Mundur Diri Jack Ma Pendiri Alibaba yang Penuh Inspirasi

Sebelumnya, Alibaba berinvestasi di sejumlah perusahaan startup di Taiwan sebesar US$ 315 juta (sekitar Rp 4,2 triliun). Perusahaan itu juga menanam investasi US$ 600 juta (sekitar Rp 7,9 triliun) di perusahaan startup Cina, Meizu.

Tahun lalu, manajemen Alibaba juga melakukan investasi besar-besaran, terutama pada perusahaan film Cina dan perusahaan transportasi, seperti Uber, di Amerika Serikat.

Baca Juga:  Redirect Method, Cara Baru Youtube Batasi Ruang Gerak Terorisme

Snapchat bukanlah perusahaan aplikasi pesan instan pertama yang mendapat kucuran dana investasi dari Alibaba. Sebelumnya, Alibaba menyuntikkan dana US$ 280 juta (sekitar Rp 3,7 triliun) ke Tango.

Sebelum Alibaba, perusahaan Cina lain, Tencent, menginvestasikan dananya di Snapchat pada 2013. Ini merupakan bagian dari strategi perusahaan-perusahaan Cina untuk menjadi pemain global. (ed)