HomeSosmed

Allan Nairn: Kalau TNI Ancam Pers Indonesia, TNI Harus Ancam Saya Juga

Allan Nairn: Kalau TNI Ancam Pers Indonesia, TNI Harus Ancam Saya Juga

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Allan Nairn, jurnalis Amerika Serikat ikut merespon ancaman pihak TNI yang akan menempuh upaya hukum terhadap media online Indonesia yang merilis tulisannya terkait adanya keterlibatan TNI dalam upaya makar.

Melalui akun twitternya @AllanNairn14, ia menantang TNI ikut mengancam dirinya terkait tulisannya yang telah ditayangkan oleh media online Tirto.id beberapa waktu lalu.

Dear TNI: If you want to threaten brave Indonesian reporters and publishers, please threaten me too. (Bapak2 TNI: Kalau mau mengancam pers Indonesia yang berani, mohon mengancam saya juga), “ kicau twitter @Alan Nairn14 seperti dikutip SuaraDewan.com, Senin (24/4/17).

Dalam tulisannya yang berjudul Trump’s Indonesian Allies in Bed with ISIS-Backed Militia Seeking to Oust Elected President dan dimuat di media online asal AS, Allan Nairn menyebut sejumlah pihak, salah satunya TNI merencanakan skenario untuk menggulingkan Presiden Joko Widodo atau makar.

Tulisan tersebut kemudian dikutip media online Tirto.id dengan judul Investigasi Allan Nairn: Ahok Hanyalah Dalih untuk Makar.

Menanggapi tulisan tersebut, pihak TNI menyatakan bahwa tulisan tersebut adalah hoax. Kapuspen TNI Mayjen Wuryanto bahkan akan mengambil upaya hukum terkait pemberitaan yang dari media online yang mengutip tulisan tersebut atas seizin Alan Nairn.

“Mabes TNI mengancam akan mengambil langkah hukum dengan membuat laporan kepada Kepolisian RI agar diusut dan diproses sesuai hukum yang berlaku,” ujar Mayjen Wuryanto.

Ia menilai tulisan tersebut tidak sesuai fakta yang ada. “Mestinya penulis dan pihak media sebelum me-release tulisan tersebut mengkonfirmasi dulu ke pihak TNI,” sambungnya tegas. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: