HomeHukum dan HAM

Alumni 212 Bantu Rizieq, Komnas HAM Siap Beri Rekomendasi

Alumni 212 Bantu Rizieq, Komnas HAM Siap Beri Rekomendasi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Terkait dengan tuntutan Presidium Alumni 212 yang menolak pentersangkaan Rizieq Shihab dan menuntut pemerintah atas dugaan kasus pelanggaran HAM, Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai menyatakan siap membantu mereka melalui pemberian surat rekomendasi.

Surat rekomendasi ini, sebagaimana permintaan Alumni 212, nantinya akan jadi pegangan untuk melakukan tuntutan lanjutannya ke dunia internasional.

Meski demikian, sebelum memberi surat rekomendasi, pihak Komnas HAM akan melakukan pertemuan dengan jajaran pemerintahan, dalam hal ini Menteri Koordinator Politik, Hukum dan HAM, Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama, serta Jaksa Agung.

Baca Juga:  Frontal! Rizieq Shihab Tak Akan Penuhi Panggilan Polisi

“Komnas HAM akan melakukan pertemuan dengan pemerintah untuk mencari solusi perdamaian. Penyelesaian secara konprehensi, untuk menutup kegaduhan yang terjadi selama ini,” ujar Pigai usai melakukan mediasi dengan perwakilan Alumni 212 di kantor Komnas HAM, Jumat (2/6/2017).

Jika sampai dalam pertemuan tersebut tidak menemui kesepakatan jelas, maka surat rekomendasi untuk Alumni 212 siap diterbitkan Komnas HAM.

“Kami harap teman-teman tetap menjaga tindakan sesuai dengan yang sudah diatur dalam koridor hukum. Jangan sampai gaduh, karena ini akan mengingkari perjuangan yang teman-teman lakukan sampai saat ini,” harapnya ke massa Alumni 212 sembari menunggu hasil pertemuan tersebut.

Baca Juga:  Waspada Ajakan Provokasi Demo 313, Ini Faktanya

Di samping surat rekomendasi, Alumni 212 juga meminta perlindungan khusus dari Komnas HAM untuk Rizieq Shihab.

“Mengeluarkan surat perlindungan bahwa ini masih dalam proses pemeriksaan Komnas HAM, bahkan kalau bisa dilindungi Komnas HAM,” tambah Ketua Presidium Alumni 212, Ansufri Idrus Sambo. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: