HomeDaerahPulau Jawa

Amdal Muncar Desak Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi Tuntaskan Persoalan Limbah Pabrik

Amdal Muncar Desak Dinas Lingkungan Hidup Banyuwangi Tuntaskan Persoalan Limbah Pabrik

BANYUWANGI, SUARADEWAN.com – Bertahun-tahun hidup berdampingan dengan limbah pabrik, sejumlah pemuda yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Peduli Lingkungan (Amdal) Kecamatan Muncar, mendesak Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, segera mengatasi pencemaran lingkungan limbah pabrik di Kalimati, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Kepada SUARADEWAN.com Ketua Amdal Kecamatan Muncar Rizki Andika Dermawan mengatakan, sebagai pusat penghasil ikan terbesar ke dua di Indonesia, Muncar telah disulap menjadi pusat industri pengolahan Ikan. Pada tahun 2006 saja, telah beroperasi 72 Industri skala besar dan 96 industri kecil.

Baca Juga:  April Mendatang, Banyuwangi Gelar Festival Kebaya

Kemudian seiring dengan perkembangan industri, kondisi lingkungan Muncar mulai mengalami degradasi kualitas, udara berbau pekat dan menyesakkan, sumur warga menguning dan tidak dapat dikonsumsi, serta memadatnya tumpukan cairan limbah menjadi timbal padat di sungai.

pencemaran lingkungan limbah pabrik di Kalimati, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur

“Sudah lebih dari seperempat abad, kami hidup berdampingan dengan limbah pabrik. Sungai pun berubah fungsi menjadi lumbung aliran limbah (padat dan cair) dan diperlakukan wajar sebagai tempat pembuangan sampah,” kata Rizki Andika Dermawan, pada Senin (22/5).

Baca Juga:  Proyek Perumahan Puri Arraya Bogor Disinyalir Memiliki Amdal Bodong

Rizki menegaskan, pencemaran lingkungan di Muncar sudah sangat akut, sehingga sejumlah anggota Amdal sepakat mendesak agar DLH tidak tebang pilih dalam mengatasi persoalan lingkungan. Sebagaimana yang tercantum dalam mandat Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2009 Tentang Lingkungan Hidup.

“Secara tegas kami katakan, DLH wajib mendesak agar industri merehabilitasi lingkungan yg sudah di cemarinya. Agar lingkungan Muncar kembali bersih dan sehat. Serta memberikan sangsi sesuai dengan aturan yang sudah dimandatkan. Selain itu, kami menagih hasil dari uji air sungai Kalimati, pada tanggal 24 Januari beberapa waktu lalu,”tegasnya. (fn)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0