Amien Rais Usul PAN Keluar Kabinet, Ketua DPP PAN: Urusan Menteri itu Urusan Presiden

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Amanat Nasional (DPP PAN) Yandri Susanto angkat bicara soal usul Ketua Majelis Kehormatan PAN Amien Rais yang menginginkan Asman Abnur keluar dari kabinet kerja Presiden Joko Widodo.

Menurut Yandri, meskipun Asman Abnur adalah kader PAN, namun keputusan soal dipertahankan atau dikeluarkan ia dari kabinet adalah keputusan Presiden Joko Widodo. Apalagi hingga saat ini PAN masih memposisikan diri dalam barisan partai yang mendukung Pemerintah.

“Kalau masalah itu kan terserah Pak Jokowi. Urusannya di Pak Jokowi,” kata Yandri beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  Amien Rais Siap Nyapres Lagi, Yusril Kultwit Tentang Pemimpin dan Singgung Amien Rais

Baca juga: Diminta Amien Rais Mundur dari Kabinet, Asman Abnur: Saya Profesional

Menurut Yandri, pernyataan Amien Rais itu bobotnya sekedar saran dan masukan yang biasa saja. Namun urusan soal menteri tetap menjadi urusan Presiden Joko Widodo.

“Ya saran kan biasa, tapi urusan Menteri itu urusan Presiden. Hak prerogatif Pak Jokowi, hak tunggal Pak Jokowi,” tukasnya.

Baca juga: Kritik Jusuf Kalla Pada Amien Rais Soal MenPAN-RB

Sebelumnya, Amien Rais dalam acara halal bi halal di Pondok Pesantren Al-Ishlah, Bondowoso, Minggu (23/7) menyampaikan PAN harus mengambil sikap politik untuk berhenti berkoalisi dengan Pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:  Diminta Amien Rais Mundur dari Kabinet, Asman Abnur: Saya Profesional

“Pokoknya saya usul supaya Asman Abnur segera keluar dari kabinet. Titik,” kata Amien.

Baca juga: Mahfud MD: Yang Seperti Amien Rais Itu Banyak

Pernyataan tersebut diduga terkait dengan sikap PAN yang memilih ‘walk out’ dalam sidang paripurna penetapan UU Pemilu di DPR RI beberapa waktu lalu.

Saat itu PAN bersama tiga fraksi lainnya yakni Gerindra, PKS dan Demokrat menyatakan menolak opsi A yang dipilih oleh forum paripurna karena dianggap tidak menguntungkan partai mereka. (za/tr)

Tinggalkan Balasan

banner 728x90