Sosmed  

Anda Gagal Ujian SIM? Jendral Sigit: Boleh Ulang 2 Kali di Hari yang Sama

SUARADEWAN.com – Berkendara bukanlah lagi kebutuhan pendukung. Boleh dikatakan sudah menjadi kebutuhan pokok sehari-hari bagi masyarakat Indonesia. Tak tanggung, banyak remaja di Indonesia kini sudah berkendara ke sana ke mari sebelum dewasa.

Namun di sisi lain, salah satu kendalanya adalah adanya kebutuhan untuk lolos ujian SIM yang tak jarang membuat masyarakat jadi frustasi dan memilih jalur pintas. Tak sedikit pula banyak yang mengeluhkan soal pembuatan SIM khususnya agar lulus ujian.

Menyiasati itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bercerita banyak masyarakat yang mengeluh kepada dirinya secara langsung dan melalui media sosial. Keluhan itu terkait pelayanan publik, salah satunya keluhan terkait pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM).

“Melihat banyaknya masyarakat yang 46 mengadukan kepada saya baik secara langsung maupun melalui medsos terkait sulitnya ujian SIM,” umum Sigit di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Sabtu (31/12.

Sigit kemudian mengeluarkan perintah agar masyarakat yang tidak lolos tes SIM bisa mengulang ujian sebanyak 2 kali di hari yang sama. Perintah itu tertuang melalui surat telegram.

“Akhirnya saya telah memerintahkan jajaran melalui Surat Telegram nomor: ST/2386/X/ Yan.1.1./2022, yang berisi perintah agar masyarakat dapat mengulangi ujian praktek SIM 2 kali di hari yang sama dan mewajibkan Satpas SIM menyiapkan pelatihan bagi calon peserta yang akan melaksanakan ujian SIM,” ujarnya.

Sigit menyampaikan Polri berkomitmen mewujudkan pelayanan publik yang transparan, cepat dan mudah serta jauh dari praktik korupsi. Untuk meningkatkan pelayanan, Polri juga telah mengintegrasikan layanan kepolisian di mall.

“Pada tahun 2022, kami juga telah mengintegrasikan 4 layanan kepolisian pada 75 Mall Pelayanan publik yaitu perpanjangan SIM A dan SIM C, penerbitan dan perpanjangan SKCK, pembayaran pajak kendaraan bermotor, serta pelayanan laporan kehilangan di SPKT,” imbuhnya. [***]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90