HomeSosial Budaya

Anggaran Penelitian LIPI Dipotong Separuhnya

Anggaran Penelitian LIPI Dipotong Separuhnya

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Anggaran untuk Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dipotong oleh pemerintah dari pagu Rp 2,3 triliun menjadi Rp 1,3 triliun.

Pemotongan tersebut dilakukan karena Bappenas merujuk pada program nasional yang isunya dinilai lebih spesifik dibandingkan LIPI.

“Karena ini masih dalam usulan, yang terjadi adalah penyesuaian target. Mana proposal penelitian yang tidak dibiayai akan dihentikan karena tidak ada dananya, yang kita kerjakan yang dibiayai targetnya,” kata Kepala LIPI Iskandar Zulkarnain di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Selasa (25/4).

Baca Juga:  Proyek Reklamasi Terkendala Karena Janji Kerja Anies-Sandi

Menurut Iskandar, dalam pembahasan yang dilakukan Bappenas, mereka melihat yang sesuai dengan program nasional yang berorientasi infrastruktur. Sementara kegiatan LIPI memiliki spektrum ilmu pengetahuan dan penelitian yang begitu luas mulai dari sosial, hayati, kebumian dan terkini, dan tidak hanya berorientasi pada infrastruktur.

Masih menurut Iskandar, porsi penelitian di dalam anggaran LIPI tahun 2017 yang hanya Rp 1,1 triliun atau kurang dari 40%, secara struktur memang tidak sehat. Idealnya, lanjut Iskandar, anggaran penelitian seharusnya lebih besar dari anggaran rutin dan operasional.

Baca Juga:  Siti Zuhro: Rusmadi-Safaruddin Sebagai Pasangan Ideal

Iskandar berharap kedepannya pemerintah tidak lagi melakukan pemotongan anggaran untuk LIPI. Sebab, kerja yang dilakukan oleh LIPI adalah penelitian jangka panjang yang tidak sama dengan proses produksi.

“Lembaga penelitian itu yang dilakukan adalah penelitian jangka panjang, jadi tidak bisa berfikir seperti proses produksi. Perlu ada regulasi yang berbeda untuk lembaga penelitian terutama laporan pertanggungjawaban, serta PNBP. Regulasi ini perlu ada penyesuaian dengan karakter lembaganya,” kata Iskandar. (ZA/in)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: