Anies Bersilaturahmi ke Tokoh Kharismatik NU, Buya Marbun Menghadiahi Tongkat: Simbol Kepemimpinan?

JAKARTA, SUARADEWAN.com  – Kali ini Anies berkunjung ke salah satu tokoh kharismatik Nahdhatul Ulama di Medan: Buya Marbun, murid Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki.

Momen tersebut diunggah dalam akun instagram @aniesbaswedan, Selasa (8/11). Anies bercerita bahwa dirinya sangat bahagia sekaligus merasa terhormat karena dalam kunjungan tersebut dia mendapatkan hadiah tongkat, yang merupakan simbol kepemimpinan.

“Alhamdulillah bisa bersilaturahmi ke tokoh Nahdhatul Ulama Buya Syech Ali Akbar Marbun di Komplek Pesantren Al-Kautsar Al-Akbar di Medan,” tulis Anies Baswedan.

Menurutnya, Buya Marbun adalah tokoh kharismatik, yang menerima kunjungan dari tokoh lintas agama agama.

Baca Juga:  Pemprov DKI Jakarta Akan Gelar Tarawih Akbar di Monas 26 Mei

“Buya Marbun adalah tokoh kharismatik NU yang luas pergaulannya. Di pesantrennya tokoh lintas agama sering bertamu dan bahkan membuat acara,” tulisnya lagi.

“Kedatangan tokoh lintas agama ini beliau abadikan dalam nama-nama tanaman kurma yang menghiasi halaman ponpes yang luas tersebut. Setiap tanaman kurma itu ditanam oleh tokoh yang datang dan diberi keterangan nama tokohnya,” ujar Anies.

“Kami pun kemarin diajak menanam kurma di halaman pondok serta meninjau pembangunan masjid Muhammad Alawi Al-Maliki. Masjid ini diambil dari nama guru Buya Marbun saat nyantri ar-Rushaifah, Makkah: Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki. Guru habaib dan ulama di Indonesia,” sambungnya.

Baca Juga:  Jokowi Dinilai Melanggar Konstitusi, Pendukung Jokowi Akan Mendukung Ganjar

Dalam perjumpaannya dengan Buya Marbun, Anies dihadiahi Kain Ulos, tongkat dan tasbih. Ketiga benda tersebut memiliki makna tersendiri.

“Sebuah kehormatan menerima Kain Ulos, sebuah tongkat dan juga tasbih dari Buya Marbun. “Ulos panjang menunjukkan panjang persahabatan, tongkat simbol kepemimpinan, dan Tasbih untuk berzikir kepada Allah dan bersholawat untuk Rasul Muhammad,” harapan yang dititipkan oleh Buya Marbun,” ujar Mantan Gubernur DKI itu.

“Terima kasih untuk bekal doa dan nasehat untuk mengemban amanat yang lebih besar dan lebih baik,” pungkasnya.***

Tinggalkan Balasan

banner 728x90