Anies Memberikan Kuliah Tamu di Nanyang Technological University, Bagikan Pengalamannya Memimpin Jakarta

SUARADEWAN.com – Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan kuliah tamu di Nanyang Technological University (NTU) Singapore, membahas Urban Leadership and Digital Resilience: The Experience of Megacity Jakarta, pada Rabu (1/3/23).

Sebelum mengisi kuliah di NTU, Anies juga sharing dengan Young Global Leaders. Ia mengaku merasa terhormat diundang di kampus terbesar di Singapura itu.

“Usai berbagi dengan Young Global Leaders, saya melanjutkan rangkaian acara di NTU dengan memberikan kuliah tamu mengenai Urban Leadership and Digital Resilience: The Experience of Megacity Jakarta. Sebuah kehormatan untuk diundang sebagai Distinguished Lecture untuk NTU Institute of Science and Technology for Humanity (NISTH) dan NTU School of Social Sciences,” tulis Anies di instagramnya.

Dalam forum tersebut, Anies memaparkan mengenai bagaimana memimpin dalam masa krisis. Contohnya waktu Covid-19 yang telah membuat seluruh kota di dunia mengalami kesulitan, termasuk Jakarta. Ia menceritakan bagaimana Jakarta yang waktu dipimpinnya bisa menghadapi kesulitan.

“Kami membahas secara mendalam mengenai bagaimana memimpin dalam masa krisis. Ketika Pandemi Covid-19 dimulai, tentunya seluruh dunia mengalami kesulitan yang sama. Jakarta menjadi salah satu kota di Indonesia yang cepat tanggap dalam menangani hal tersebut. Jakarta juga menjadi kota pertama di Indonesia yang memberlakukan regional lockdown (pembatasan wilayah),” papar Anies.

Membangun rasa kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah di masa pandemi seperti disampaikan Anies, merupakan keharusan. Apalagi yang dipimpin adalah kota besar.

“Dalam menghadapi tantangan ketika memimpin suatu kota besar di tengah pandemi, kita harus membangun rasa kepercayaan antara satu sama lain, antara pemerintah dengan warga mengenai permasalahan yang dihadapi, melalui tiga prinsip, yaitu transparansi, kolaboratif, dan pendekatan ilmiah. Dengan memegang tiga prinsip tersebut, penanganan covid-19 di Jakarta menjadi salah satu yang terbaik,” ujarnya.

“Pertemuan-pertemuan seperti ini selalu menyenangkan dengan melihat antusiasme dan partisipasi dari peserta. Terima kasih sekali lagi kepada kepada pihak NTU atas undangannya untuk berbagi,” tutupnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90