HomeSosial Budaya

Antisipasi “Human Trafficking” Berikut Langkah Menteri Yohana

Antisipasi “Human Trafficking” Berikut Langkah Menteri Yohana

KUPANG, SUARADEWAN.com – Maraknya perdagangan manusia (human trafficking) di Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Yohana Yembise berinisiatif untuk tingkatkan pelatihan perempuan.

Menurut Yohana, pihaknya telah mempersiapkan program woman technical college (sekolah tinggi teknik untuk perempuan) dalam rangka menyiapkan perempuan unggul dalam bidangnya. Yohana juga menjelaskan bahwa woman tecnical college ini juga sudah dilakukan negara-negara tetangga seperti di Filipina.

“Di NTT ini angka human trafficking sangat tinggi sehingga untuk menurunkannya, maka kami juga berencana dan saya punya ide untuk membangun woman technical college seperti yang di Filipina,” ucap Yohana di kantor Dinas Pemberdayan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi NTT, Jumat (5/5).

Baca Juga:  Lagi, 8 Pemuda Brebes Jadi Korban Trafficking

Lanjut Yohana, jika dibandingkan dengan perempuan Indonesia, perempuan Filipina lebih maju, terutama dalam bahasa Inggris. Oleh karena itu, misi Yohana terkait program ini agar segera terlaksana sebelum masa jabatannya selesai.

Sekaligus, kata Yohana, program ini akan menjadi ikon Kementerian PPPA untuk menyiapkan perempuan Indonesia yang hebat mengungguli perempuan-perempuan negeri jiran. Karena sejauh ini, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) kita seringkali mengalami human trafficking, dipekerjakan sebagai budak dan lain-lain.

Baca Juga:  TNI AL Gagalkan Upaya Human Trafficking ke Malaysia

“Saat ini kami sedang menyusun konsepnya dan kebetulan latar belakang saya di bidang pendidikan sehingga kita sedang mencari konseptor untuk membantu saya bagaimana membuat satu program yang di dalamnya kita beri kegiatan pelatihan pelatihan yang berkualitas bagi perempuan,”kata Yohana. (aw/ko)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: