IPTEK  

Apa Arti Persekusi Sebenarnya? Berikut Penjelasannya oleh Damar Juniarto

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Persekusi menjadi satu istilah yang masih asing di masyarakat. Namun, dalam dua-tiga hari belakangan ini, aksi persekusi sangat meresahkan bagi ketenteraman kehidupan bermasyarakat.

Hal ini pun dijelaskan oleh salah satu anggota organisasi yang tergabung dalam Koalisi Anti Persekusi dari Safenet, Damar Juniarto tentang arti sebenarnya Persekusi itu sendiri. Selain itu, ia juga menjelaskan tahapan kelompok-kelompok tertentu dalam melancarkan aksi persekusi dan cara kerja persekusi itu.

Menurut Damar, Persekusi itu beda dengan main hakim sendiri, dalam makna yang sebenarnya persekusi itu adalah tindakan memburu seseorang atau golongan tertentu.

“Adalah tindakan suatu pihak secara sewenang-wenang dan sistematis juga luas, jadi beda dengan main hakim sendiri,” jelas Damar saat mengahadiri konferensi press bersama YLBHI serta Koalisi Anti persekusi, di kantor YLBHI, Jakarta, Kamis (1/6).

Baca Juga:  Perilaku Persekusi, MPR: Minta Kepada Pemerintah Beri Contoh Penegakkan Hukum

Lalu, lanjut Damar, dalam persekusi ada dua elemen. Yakni menyakiti secara fisik dan psikis. Tahapannya pun dijelaskan Damar, pertama pelaku menentukan target lebih dulu. Kemudian mengajaknya untuk berkumpul dan mendata jumlah target.

“Pertama, mengumpulkan target, pendataan target serta upaya memviralkan target, yang kedua adalah tahapan berburu dengan memobilisasi dengan pengumuman dan kordinasi di lapangan,” terangnya.

Tahap selanjutnya adalah melakukan permintaan maaf tertulis secara paksa di atas materai lalu kembali diviralkan dengan difoto atau divideokan. Yang terakhir, tambah dia, adalah tahapan mengkriminalisasikan target yang telah ditangkap dan dibawa ke Polisi untuk ditahan.

Baca Juga:  Seorang Dokter Temukan Cara Menilai Kecantikan dengan Ilmiah, Ini Hasilnya

“Jadi jelas ini bukan main hakim sendiri, tapi ada suatu rangkaian yang sistematis untuk mempersekusikan seseorang yang dianggap target,” tambahnya. Selain itu, ia juga mampu mengindentifikasi si calon korban yang ingin dijarahnya.

“Untuk mencari target yang dianggap menistakan agama khususnya agama Islam, dengan cara melaporkan dan menscreenshoot postingan dan profile target lalu mengirimkan link target ke alamat email [email protected], dimana MCA itu singkatan dari Muslem Cyber Army,” tutupnya. (aw/me)

Tinggalkan Balasan

banner 728x90