HomeEkonomi

APPSI Dukung Pemerintah Potong Kartel dan Gelar Operasi Pasar Jelang Ramadhan

APPSI Dukung Pemerintah Potong Kartel dan Gelar Operasi Pasar Jelang Ramadhan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Setiap menjelang bulan suci Ramadhan harga bahan pokok di pasar hampir bisa dipastikan melonjak tinggi. Tentu hal ini menyulitkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya sehari-harinya sebagaimana hari-hari biasa.

Terkait hal itu, Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (AAPSI) menyatakan siap mendukung dan membantu pemerintah melalui kementerian terkait untuk menggelar operasi pasar guna mengatasi lonjakan harga yang menyulitkan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan Sekjen APPSI Muhammad Maulana di kawasan Perkantoran Grand Panglima Polim Kav. 90 Jl. Panglima Polim Raya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (18/5).

“Kami siap mendukung dan berperan aktif melakukan operasi pasar bersama dengan pemerintah. Terakhir kali dilakukan pada November dan Desember 2016,” tukasnya.

Baca Juga:  Sambut Bulan Suci Ramadhan, Polisi Akan Tindak Tegas Spekulan dan Kartel Pangan

Maulana menilai, Pemerintah memang bertanggungjawab untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat melalui program pangan dengan menjaga stok kebutuhan pokok dan menghindari kelangkaan serta stabilisasi harga kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

“Permasalahan harga kebutuhan pokok yang cenderung mengalami kenaikan signifikan pada saat memasuki Ramadhan, posisi APPSI tidak pada titik yang menentukan harga dan tidak terlibat langsung. Karena APPSI sebagai perwakilan pedagang hanya mengikuti tingkat harga dari atas (tengkulak, distributor, importir dll), sehingga APPSI tidak bisa berbuat lebih dalam hal penanganan permasalahan harga tersebut,” ungkapnya.

Baca Juga:  Ribuan Ton Gula Berbahaya Disita Polisi Dalam Penggerebekan Di Makassar

Maulana menambahkan, persoalan pangan ini memang sangat dipengaruhi oleh keberadaan kartel / mafia pangan yang secara langsung menimbulkan kerugian bagi masyarakat maupun pedagang khususnya pedagang pasar. Karena itu APPSI bertekad untuk mengatasi hal tersebut dengan berbagai upaya termasuk dengan bekerjasama dengan Polri.

“Permasalahan kenaikan harga menjelang Ramadhan hampir selalu terjadi dan cenderung menjadi tradisi sehingga diperlukan langkah kongkrit dari pemerintah untuk mengatasinya. APPSI juga siap untuk berkolaborasi dengan Polri dalam rangka mengantisipasi permasalahan yang berkaitan dengan pangan dan pedagang pasar, guna menjaga stabilitas Kamtibmas,” tukasnya. (za/tn)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: