oleh

Atlet Korut dan Korsel akan Pawai Satu Bendera Saat Asian Games di Jakarta

JAKARTA, SUARADEWAN.com — Atlet Korea Selatan dan Korea Utara akan berpawai bersama di bawah satu bendera Korea dalam upacara pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 di Jakarta. Kabar itu disampaikan pejabat kedua negara dua hari lalu.

Dalam pembicaraan di Panmunjom, perbatasan Korea, para pejabat dari kedua negara juga setuju mengirimkan tim gabungan untuk cabang-cabang olahraga lain di Asian Games, kata Kementerian Olahraga Korea Selatan dalam pernyataan, seperti dikutip dari VOA Indonesia (19/6).

Kendati demikian, pejabat belum menentukan pada cabang olahraga apa tim gabungan tersebut akan ambil bagian.

Baca Juga:  Jalin Kerjasama, Hotel Desa Wisata Siap Jadi Hunian Atlet Asian Games 2018

Kedua Korea juga memutuskan untuk menggelar pertandingan baseball persahabatan di Pyongyang dan Seoul dalam beberapa bulan mendatang.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un disebut sebagai figur pengusul pertandingan persahabatan itu, kala dirinya bertemu dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in beberapa waktu yang lalu, kata pejabat olahraga Korea Selatan.

Keputusan itu disebut menjadi langkah terbaru yang akan semakin mengurangi ketegangan di antara kedua negara. Sikap serupa pernah dilakukan Seoul-Pyongyang pada Olimpiade Musim Dingin PyeongChang Februari 2018.

Baca Juga:  Tiara Andini Prastika Persembahkan Emas Ketiga untuk Indonesia di Asian Games 2018

Langkah tersebut juga diambil sepekan usai pertemuan puncak antara Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura pekan lalu. (lip6)

Komentar

Berita Lainnya