HomeDPRD

Baharuddin Acok Dilantik, Leppa Wakil Ketua DPRD Nunukan

Baharuddin Acok Dilantik, Leppa Wakil Ketua DPRD Nunukan

NUNUKAN, SSUARADEWAN.com – Baharuddin Acok akhirnya resmi dilantik menjadi anggota DPRD Kabupaten Nunukan menggatikan Abdul Hafid Achmad dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Disaat yang sama Hajja Leppa Hafid juga secara resmi menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Nunukan mengantikan hafid yang menyatakan mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua dan keanggotaan DPRD Kabupaten Nunukan.

Sidang paripurna istimewa pelantikan dan pengambilan sumpah keduanya dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Nunukan Haji Danni Iskandar.

Danni mengatakan bahwa, pelantikan dan pengambilan sumpah janji terhadap Wakil Ketua DPRD Nunukan dan Anggota DPRD Kabupaten antar waktu dari Fraksi Hanura ini berdasarkan SK Gubernur Kalimantan Utara.

“Selanjutnya sesuai ketentuan pasal 77 Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang, MPR, DPR, DPD dan DPRD sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2014, anggota penganti antar waktu sebelum memangku jabatan wajib mengucapkan sumpah janji,” ujarnya di Nunukan, Kalimantan Utara, Kamis (26/1/2017).

Dalam kesempatan itu juga Danni mengingatkan, bahwa kewajiban sebagai anggota DPRD adalah melaksanakan dasar negara Pancasila dan UUD Tahun 1945, menaati peraturan perundang-undangan serta mempertahankan dan memelihara kerukunan nasional dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Jangan hanya dipandang untuk menempati jabatan yang kosong,” lanjutnya.

Dia juga berpesan kepada anggota yang baru dilantik agar dapat berkonstribusi dan peka. Keberhasilan dari sisi politik juga harus berbanding lurus dengan keberhasilan membangun masyarakat. Tanggung jawab sebagai wakil rakyat kian berat seiring dengan banyaknya kritikan dan sorotan masyarakat terhadap kinerja para wakil rakyat.

“Keberhasilan dari sisi politik harus sinergi dengan keberhasilan membangun masyarakat, itu amanah kita sebagai wakil rakyat,” tegasnya

Pada Pemilu Legislatif 2014 lalu partai hanura memperoleh 2.994 suara di Daerah Pemilihan II, Abdul Hafid sendiri memperoleh 809 suara, sedangkan Amiruddin terbanyak kedua dengan perolehan 653 suara, sedangkan Baharuddin Acok berada pada posisi ketiga dengan perolehan 586 suara.

Sulastika Pratama

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0