Banyak Orang Bunuh Diri, Ini ciri-ciri Orang yang Anti-Kesepian

Suaradewan.com – Kesepian meskipun terlihat sederhana, adalah hal yang menakutkan banyak orang. Banyak orang bunuh diri sebab kesepian. Kesepian juga hadir dalam hidup setiap manusia kita. Bahkan di tengah keramaian, kesepian bisa hadir menyapa. Apalagi saat sendirian atau saat ditinggal pasangan.

1. Cara mengelola diri sendiri

Hidup di dunia modern dan serba dinamis membuat kita gampang stres saat merasa kesepian. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, manusia modern menghadapi krisis yang sangat besar. Otak manusia tidak dirancang untuk hidup dalam perasaan sepi yang berkepanjangan dan tubuh manusia tidak dirancang untuk menerima informasi yang sangat banyak. Manusia modern juga memiliki kortisol dalam level yang konstan tinggi, sehingga rentan stres. Saat kamu bisa dan mampu mengelola stres dengan baik, maka sebenarnya kamu bisa berdamai dengan kesepian.

Baca Juga:  Jomblo Tak Selamanya Menyedihkan, Ini Keuntungannya Kalau Kamu Jadi Jomblo

2. Bisa mengisi waktu dengan hal yang disukai

Saat merasa kesepian, kamu memanfaatkan waktu dan perasaan yang hadir sebagai ruang untuk melakukan hal yang kamu sukai. Ketika bisa meluangkan waktu melakukan hal yang disukai atau disenangi saat merasa kesepian, kamu bisa lebih mudah berdamai dengan perasaan yang ada. Selain itu, kamu juga bisa lebih nyaman menjadi diri sendiri.

3. Tidak membenci keadaan

Kesepian yang hadir tidak kamu benci. Keadaan atau situasi yang menyertainya pun tak kamu benci. Saat kamu bisa menerima semua realitas yang ada dengan hati yang lebih lapang, maka kamu bisa lebih kuat. Serta, bisa lebih mudah berdamai dengan rasa kesepian yang ada. Bahkan hatimu akan lebih mudah bersyukur dengan perasaan yang hadir tersebut.

Baca Juga:  Banyak Dicari, Inilah Manfaat Kopi bagi Kecantikan

4. Perbanyak Senyum

Selama kamu masih bisa tersenyum, yakinlah bahwa kamu akan baik-baik saja. Walau senyumanmu masih tipis dan masih ditujukan untuk diri sendiri, itu sudah lebih dari cukup untuk membuat perasaanmu membaik. Hatimu akan mendapatkan kekuatan baru tiap kali kamu bisa menghadirkan senyuman di wajah.

5. Lapang hati

Saat hati sudah lebih lapang, kemampuan untuk bertahan dan kembali tenang juga lebih lapang. Kesepian mungkin membuatmu merasa tak nyaman, tapi selama kamu masih bisa melapangkan hati menerima keadaan dan situasi yang ada maka sebenarnya kamu punya hati yang kuat. Sebab kadang salah satu cara terbijak dalam menyikapi kesepian adalah menerimanya apa adanya.

Tinggalkan Balasan

banner 728x90