HomePolitikHukum dan HAM

Bela Hak Konstitusional Warga, BAHU NasDem Siap Pasang Badan

Bela Hak Konstitusional Warga, BAHU NasDem Siap Pasang Badan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai Nasional Demokrat (NasDem) siap pasang badan untuk membela hak konstitusional warga. Hal ini disampaikan dalam konferensi pers di DPP Partai Nasdem, Jl. RP Suroso, Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2017).

“Intinya, dalam kesempatan ini, kami ingin menjelaskan bahwa BAHU Partai NasDem konsen pada pengaduan terkait hilangnya hak konstitusional,” terang Sekretaris Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai NasDem DKI Jakarta, Wibi Andrino.

Wibi juga menegaskan bahwa pihaknya siap untuk melayani dan mendampingi siapapun yang merasa dirugikan dari hilangnya hak konstitusional yang seharusnya melekat pada dirinya ini.

“Jika ada warga yang hilang hak konstitusionalnya, atau bagi para saksi atau simpatisan Partai Nasdem yang tidak dapat memilih, BAHU Partai Nasdem siap melayani bahkan mendampingi hingga ke Bawaslu Provinsi DKI Jakarta,” tegasnya.

Dalam konferensi pers yang berlangsung sehari setelah pemilihan kepala daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2017, setidaknya ada beberapa poin utama yang BAHU Partai NasDem sampaikan. Hal ini, sekali lagi, adalah bentuk sikap BAHU Partai NasDem dalam merespon segala persoalan yang menyangkut hak konstitusional warga, terutama soal pelanggaran, baik dalam memilih maupun dipilih sebagai hak warga negara.

“Setelah mempelajari laporan dan data yang masuk, kami (Partai NasDem) melihat adanya pelanggaran serius berupa pelanggaran hak konsitusional, yakni hak untuk memilih yang tidak dapat dilindungi dan dijamin oleh penyelenggara Pilkada DKI Jakarta,” terang Wibi.

Dugaan pelanggaran itu, dalam pengamatan Partai NasDem, terjadi secara terpola dan sangat sistematis. Dan inilah yang menjadi masalah yang cukup serius. Sehingga, baginya, perlu bagi KPU Provinsi DKI Jakarta untuk mengambil tindakan konkrit dan solutif, dengan bekerjasama Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, termasuk juga jaminan dan perlindungan terhadap para pemilih yang terlanggar hak pilihnya agar bisa memilih di putaran kedua nanti.

“Kami memandang bahwa penghilangan hak konstitusional warga negara tidak dapat dibiarkan. Dan dengan temuan adanya pola tersebut, maka Bawaslu wajib untuk menindalanjutinya dengan melakukan penyelidikan terhadap peristiwa ini,” sambungnya.

Taufik Basari, Ketua BAHU Partai NasDem, juga turut menambahkan bahwa KPU dan Bawaslu DKI harus segera menelusuri ini lebih lanjut. Siapapun yang terlibat, imbaunya, harus dimintakan pertanggungjawaban.

“Penting untuk ditelusuri apakah ada pola yang direncanakan atau kesengajaan sehingga pihak-pihak yang terlibat harus dimintakan pertanggungjawabannya,” ujar Taufik.

Ia pun meminta agar KPU dan Bawaslu DKI bisa memberikan penjelasan terkait dugaan pelanggaran ini. Jika perlu, petugas KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), yang terbukti telah menghilangkan hak konstitusional, baik dengan alasan kelalaian apalagi yang disengaja, diganti dengan yang lebih professional dan netral dari kepentingan politik. Hal ini bertujuan agar pada putaran kedua nanti, warga bisa mendapatkan jaminan bahwa KPSS di TPS-nya masing-masing adalah petugas yang punya kredibilitas dalam bekerja.

Di samping itu, Partai NasDem juga meminta KPU DKI untuk memperbaiki Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk putaran kedua. Bahwa mereka (warga) yang tidak dapat menggunakan hak pilihnya di putaran pertama, dapat menggunakan hak konstitusionalnya tersebut di putaran kedua Pilkada DKI Jakarta yang rencananya akan berlangsung pada tanggal 19 April 2017.

Terakhir, Partai NasDem juga mengimbau kepada masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam menangani kasus pelanggaran hak konstitusional ini. Mereka diminta untuk melaporkan peristiwa yang dialaminya.

“Laporan tersebut dapat ditujukan langsung ke Bawaslu Provinsi DKI Jakarta atau dapat melalui pos pengaduan Partai NasDem yang dibuat khusus untuk masalah ini, yakni melalui hotline pengaduan email: [email protected] atau bisa juga melalui SMS/WA di nomor 081218896767 (a.n. Ucok Edison),” terang Ketua BAHU Partai NasDem. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0