HomeDPR RI

Berbeda dengan Fahri Hamzah, Fraksi PKS Tegas Tolak Hak Angket KPK

Berbeda dengan Fahri Hamzah, Fraksi PKS Tegas Tolak Hak Angket KPK

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Hidayat Nur Wahid, menjelaskan bahwa Fraksi PKS di DPR RI konsisten tidak akan mendukung langkah Hak Angket KPK.

Dengan begitu pihaknya tidak akan mengirimkan perwakilan Fraksi masuk ke Pansus HAK Angket KPK yang segera akan dibentuk.

Alasannya, kata Hidayat Nur Wahid, karena pihaknya tidak mau KPK menjadi kehilangan fokus dalam membongkar kasus-kasus besar korupsi. Sebab, jika hak angket ini dibiarkan maka berpotensi untuk memunculkan kegaduhan politik yang membuat tujuan awalnya menjadi jauh pangang dari api.

“Kenapa kita tidak mendukung, karena kita khawatir hak angket ini justru tidak akan menghasilkan sesuatu yang diharapkan pada awal masalahnya, tapi malah akan membuat kegaduhan politik dan menghadirkan apa yang dikhawatirkan publik bahwa KPK akan tidak fokus membongkar kasus-kasus besar seperti BLBI, E KTP dan lainnya,” kata Hiayat dalam keterangannya, Sabtu (29/4) malam.

Baca Juga:  Hidayat Nur Wahid: Alhamdulillah PKS Masih Solid

Hidayat percaya KPK sudah bekerja secara profesional dalam kejujuran, kepastian hukum dan keadilan hukum. Serta tidak diskriminatif, tidak tebang pilih, dan tidak mengambil informasi dari sumber yang tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Terkait kasus politikus Hanura, Miryam S Haryani, Hidayat mengimbau agar KPK terus mengejar kesaksian Miryam tersebut, supaya masyarakat menjadi tahu kebenaran dari persoalan ini.

“KPK mesti membuka hak itu. Kami yakin, tanpa hak angketpun sesungguhnya tujuan untuk menghadirkan informasi yang betul-betul jujur dari KPK bisa didapat,” tukasnya.

Baca Juga:  Fraksi PKS Minta Pemerintah Pasang Target PPKM Selesai Kapan

Hidayat kembali menegaskan sikap Fraksi PKS yang tidak mendukung Hak Angket KPK tersebut. Meskipun, dalam rapat paripurna Jumat (28/4) lalu, yang mengetuk palu pengesahan angket itu adalah kader PKS sendiri yakni Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah.

“Fraksi PKS sejak dari awal sikapnya adalah sebelum mengeluarkan sikap harus konsultasi dengan Pimpinan, dan Pimpinan PKS menegaskan untuk tidak ikut menandatangani dan tidak ikut mengusulkan hak angket. DPP PKS dan Fraksi tegas sikapnya seperti itu,” tegas Hidayat. (ZA/dt)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: