Beredar Video Iman Santoso Bocorkan Rencana Vonis Sambo, Begini Tanggapan Mahfud MD

SUARADEWAN.com – Video viral Hakim Wahyu Iman Santoso membocorkan rencana vonis untuk Sambo dan Putri menuai banyak respons publik.

Menko Polhukam Mahfud MD pernah menjabat sebagai Ketua MK, ia bercerita pengalamannya waktu menangani sebuah kasus besar. Ia mengaku, dirinya juga pernah mengalami hal yang sama.

Ada dua kemungkinan, kata Mahfud, yang perlu diperhatikan: bisa jadi memang terjadi pelanggaran etik oleh Hakim Wahyu, atau mungkin saja video itu hasil rekayasa.

“Pertama, itu harus diselidiki. Bisa jadi pelanggaran etik kalau benar itu terjadi. Kedua, Mungkin juga video itu dipotong-potong, dari rangkaian pembicaraan sehingga timbul kesan tertentu,” tulis Mahfud di instagram, Jumat (6/1/22).

Menurut Mahfud, bisa jadi, video itu dibuat untuk menteror hakim sehingga tidak berani memvonis tersangka dengan berat.

“Sementara ini saya menduga bahwa video itu merupakan bagian dari upaya untuk menteror hakim agar tak berani memvonis Sambo dengan vonis yang berat. Logikanya, biar hakim ragu memvonis Sambo karena khawatir vonisnya dinilai sebagai hasil konspirasi karena sama dengan video yg telah viral sebelumnya. Saya dulu sering mengalami hal yang sama,” ujarnya.

Ia bercerita, darinya pernah mengalami hal yang sama waktu menjabat sebagai Ketua MK, yaitu saat menangani perkara Pilkada Gubernur Maluku Utara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90