Berhasil Gugat Polisi di Praperadilan, Dakwaan kepada Tersangka Pencurian Akhirnya Batal

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Pembacaan dakwaan terhadap tiga tersangka kasus dugaan pencurian sepeda motor akhirnya batal. Pasalnya, yang bersangkutan, yakni Herianto, Aris Winata, dan Bihin Charles menang dalam sidang di praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

“Hari ini agenda sidang pembacaan dakwaan, tapi tidak jadi,” terang pengacara Bunga Siagian dari Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, Senin (19/6/2017).

Praperadilan tersebut, menurut Bunga, terkait dengan penangkapan dan penetapan tersangka yang dilakukan oleh anggota Polda Metro Jaya.

Baca Juga:  Menjadi Amicus Curiae Kasus Ahok, LBH Jakarta Layangkan 4 Rekomendasi ke Majelis Hakim

“Kami ajukan gugatan. Pengadilan mengabulkan dan menyatakan polisi itu tidak dan tidak memiliki kekuatan hukum,” tambahnya.

Dengan putusan ini, lanjut Bunga, kliennya tersebut tentu tak bisa diberikan status tersangka atau terdakwa lagi. Meski demikian, ketiganya masih harus menjalani penahanan di Rumah Tahanan Bulak Kapal karena kejaksaan belum menerima surat penetapan dari pengadilan.

Baca Juga:  Penguatan Sinergi Pemberantasan Korupsi, Pimpinan KPK Temui Kapolri Tito

Hal ini sangat disayangkan oleh pihak pengacara tersangka. Apalagi dekat-dekat perayaan lebaran.

“Mereka ingin merayakan lebaran bersama di Tangerang,” imbuhnya.

Sebelum gugatan praperadilan ini diputus, Pengadilan Negeri Bekasi yang menangani kasus ini sudah mengagendakan sidang pembacaan dakwaan. Karena berhasil menggugat kepolisian, ketiganya pun berencana akan disidangkan kembali pada hari Kamis depan. (ms)

Tinggalkan Balasan

banner 728x90