Berikut Nama-Nama Kabupaten di 4 Provinsi Papua Baru

SUARADEWAN.com –  Boleh dikatakan,  tahun 2022 adalah tahun yang bersejarah bagi hubungan Indonesia-Papua. Salah satu alasannya adalah karena tahun ini provinsi di Indonesia bertambah kembali menjadi 38 dengan empat provinsi baru, yangmana keempat provinsi baru ini ada di tanah Papua.

UU terkait itu telah disahkan pada bulan Juni, dan diteken oleh Jokowi pada 25 Juli lalu dengan rincian: UU Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan, UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah, dan UU Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan.

Bagi pembaca yang belum mengetahui momen yang penting ini, UU tersebut juga mengatur cakupan wilayah 4 provinsi baru Papua. Berikut cakupannya:

1. Papua Selatan

– Kabupaten Merauke
– Kabupaten Boven Digoel
– Kabupaten Mappi
– Kabupaten Asmat

2. Papua Tengah

– Kabupaten Nabire
– Kabupaten Puncak Jaya
– Kabupaten Paniai
– Kabupaten Mimika
– Kabupaten Puncak
– Kabupaten Dogiyai
– Kabupaten Intan Jaya
– Kabupaten Deiyai

3. Papua Pegunungan

– Kabupaten Jayawijaya
– Kabupaten Pegunungan Bintang
– Kabupaten Yahukimo
– Kabupaten Tolikara
– Kabupaten Mamberamo Tengah
– Kabupaten Yalimo
– Kabupaten Lanny Jaya
– Kabupaten Nduga

4. Papua Barat Daya

-Kabupaten Sorong
-Kabupaten Sorong Selatan
-Kabupaten Raja Ampat
-Kabupaten Tambrauw
-Kabupaten Maybrat
-Kota Sorong

Keempat provinsi tersebut diresmiskan oleh Mendagri Tito Karnavian dengan atas nama Presiden. Dan dengan masing-masingnya melantik Pejabat Gubernur untuk memimpin pembangunan.

Pj Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo, Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk, Pj Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo dan Muhammad Musa’ad sebagai Pj Gubernur Papua Barat Daya.

“Saya Menteri Dalam Negeri atas nama presiden Indonesia dengan ini meresmikan DOB provinsi Papua. Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa meridhoi kita semua,” ujar Tito Karnavian di ruang Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat (9/12). [***]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90