HomeSkandalKontroversi

Berkali-kali Dimentahkan Sidang Praperadilan, KPK Perlu Berbenah

Berkali-kali Dimentahkan Sidang Praperadilan, KPK Perlu Berbenah

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kalah untuk yang ke sekian kalinya di sidang praperadilan membuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dihujani berbagai kritik. Salah satunya datang dari Wakil Presiden Suara Independen Rakyat Indonesia (SIRI) Tjandra Setiadji. Menurutnya, kekalahan pada sidang praperadilan yang diajukan oleh Hadi Poernomo, bekas Dirjen Pajak, seharusnya menjadi semacam self criticisme bagi lembaga antirasuah itu.

Sebab, kata Andy, sapaan akrabnya, hal tersebut menunjukkan profesionalitas KPK berada di level terburuk dalam penuntasan kasus korupsi. “Sudah tiga kali Praperadilan kalah, KPK harus lakukan evaluasi total. Profesionalismenya dipertanyakan,” tegasnya saat dihubungi wartawan di Jakarta, Rabu (27/05).

Itu berarti KPK telah menyepelekan kepercayaan dan harapan publik yang begitu besar terhadap KPK. “Jangan sampai kepercayaan masyarakat yang besar itu berubah kecewa,” minta Andy.

Sebabnya, Andy berharap ada upaya berbenah di internal KPK. Karena kalau tidak, KPK akan terus mengalami degradasi yang berakibat fatal untuk masa depan pemberantasan korupsi.

“Berbenah jalan satu-satunya KPK kalau tidak ingin pemberantasan korupsi mundur,” pungkas Andy yang juga berprofesi pengacara itu. (SD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0