HomeHankam

Bikin Resah dan Buang-Buang Energi, Polisi Larang Takbir Keliling di Malam Idul Fitri

Bikin Resah dan Buang-Buang Energi, Polisi Larang Takbir Keliling di Malam Idul Fitri

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kepolisian Daerah Metro Jaya mengeluarkan imbaunnya terkait pelarangan takbir keliling di malam perayaan Idul Fitri. Hal tersebut guna menjaga kondusifitas dan keamanan semua warga.

“Kami mengimbau untuk saudara-saudara kami yang mau takbir, lebih baik dilakukan di masjid. Kan lebih bisa terkonsentrasi,” ujar  Kapolda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan, Senin (19/6/2017).

Jika pagelaran takbir keliling ini tetap dipaksakan, maka ada sejumlah kekhawatiran yang akan timbul, seperti kegaduhan yang akan terjadi antara pengguna jalan.

Baca Juga:  MUI Pertanyakan Dasar Penangkapan Al-Khaththath

“Bila dilaksanakan, dikhwatirkan adanya kecelakan dan gesekan dengan pihak lain di jalan. Takbir keliling juga dikhawatirkan mengganggu arus lalu lintas,” terang.

Selain masalah keamanan, takbir keliling juga hanya buang-buang waktu dan energi seperti bahan bakar.

“Lebih baik buat beli ketupat pakai opor kan,” tambahnya.

Baca Juga:  Kasus Teror Novel, Kapolda Metro: Kami Kerja Maksimal

Imbaun larangan takbir keliling ini sendiri sudah tercantum dalam surat resmi tertanggal 16 Juni 2017. Langkah ini diambil mengingat kondisi Jakarta menjelang Idul Fitri di momentum-momentum sebelumnya kerap meresahkan warga sekitar.

Langkah ini pun sudah sangat sesuai dengan apa dicanangkan dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: