Hankam  

Bikin Resah dan Buang-Buang Energi, Polisi Larang Takbir Keliling di Malam Idul Fitri

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Kepolisian Daerah Metro Jaya mengeluarkan imbaunnya terkait pelarangan takbir keliling di malam perayaan Idul Fitri. Hal tersebut guna menjaga kondusifitas dan keamanan semua warga.

“Kami mengimbau untuk saudara-saudara kami yang mau takbir, lebih baik dilakukan di masjid. Kan lebih bisa terkonsentrasi,” ujar  Kapolda Metro Jaya Irjen Mochammad Iriawan, Senin (19/6/2017).

Jika pagelaran takbir keliling ini tetap dipaksakan, maka ada sejumlah kekhawatiran yang akan timbul, seperti kegaduhan yang akan terjadi antara pengguna jalan.

“Bila dilaksanakan, dikhwatirkan adanya kecelakan dan gesekan dengan pihak lain di jalan. Takbir keliling juga dikhawatirkan mengganggu arus lalu lintas,” terang.

Selain masalah keamanan, takbir keliling juga hanya buang-buang waktu dan energi seperti bahan bakar.

“Lebih baik buat beli ketupat pakai opor kan,” tambahnya.

Imbaun larangan takbir keliling ini sendiri sudah tercantum dalam surat resmi tertanggal 16 Juni 2017. Langkah ini diambil mengingat kondisi Jakarta menjelang Idul Fitri di momentum-momentum sebelumnya kerap meresahkan warga sekitar.

Langkah ini pun sudah sangat sesuai dengan apa dicanangkan dalam Undang-Undang Nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Republik Indonesia. (ms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90