‘Blacklist’ Industri Batu Bara oleh Perbankan Hambat Hilirisasi

Anggawira mengatakan hilirisasi batu bara bukan hal yang mudah meski pemerintah telah bebaskan royalti. (Foto: dunia-energi.com)

SUARADEWAN.com – Meskipun pemerintah sudah membebaskan kewajiban pembayaran royalti bagi perusahaan yang mau menggarap hilirisasi industri batu bara, pada kenyataannya memulai hilirisasi saja masih tak mudah.

Asosiasi Pemasok Energi Mineral dan Batu Bara Indonesia (Aspebindo) mengatakan hilirisasi industri batu bara mempunyai kesulitannya sendiri untuk berjalan.

Ketua Umum Aspebindo, Anggawira, mengatakan hilirisasi batu bara sebenarnya dapat menjadi potensi bisnis baru di Indonesia.

Permasalahan pertama adalah diperlukannya investasi yang tidak sedikit.

“Kalau gak ada dukungan dari pembiayaan kan mustahil, kecuali memang adanya dukungan dari pemerintah atau misalnya dari insentif dari net zero emissions, adanya pengalihan dukungan dari negara-negara lain untuk mengalihkan produksi batu bara menjadi produk produk hilirisasi, saya rasa memungkinkan,” ujar Anggawira.

Meskipun pemerintah sudah memberikan kebebasan dari kewajiban membayar royalti, menjalankan perusahaan hilirisasi batu bara tetap tidak bisa dibilang mudah.

Anggawira justru ingin agar skema pembiayaan hilirisasi industri batu bara dihitung kembali oleh pemerintah.

Permasalahan kedua adalah kenaikan upah yang beberapa saat lalu ditetapkan pemerintah. Kenaikan upah harian tentu akan berakibat pada kenaikan upah lembur. Hal ini menjadikan biaya operasional dalam pelaksanaan hilirisasi industri batu bara membengkak.

Ketiga, sudut pandang bankir Indonesia terhadap perusahaan batu bara kini sangat buruk. Perindustrian batu bara tidak mendapat tempat untuk meminjam hutang di Perbankan Indonesia.

“Menurut saya di perbankan nasional kita jangan melihat bisnis batu bara ini blacklist-lah. Padahal sesungguhnya kita punya resources yang luar biasa,” ujar Anggawira. ***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90