HomeHankam

BNN Musnahkan Sabu 28,24 kg dan 167 Butir Pil Ekstasi

BNN Musnahkan Sabu 28,24 kg dan 167 Butir Pil Ekstasi

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) kembali memusnahkan barang bukti sitaan narkoba. Kali ini Sebanyak 28 Kg sabu dan 167 butir pil ekstasi dimusnahkan. Pemusnahan kali ini merupakan yang ke-enam kalinya selama periode tahun 2017.

“Kita akan memusnahkan narkotika beberapa jenis dari tiga kasus dengan 28,24 kg sabu. Itu dengan 66,5 gram disisihkan untuk penelitian. Kemudian 173 butir ekstasi disisihkan enam butir, jadi 167,” terang Kepala BNN Budi Waseso (Buwas) di Kantor BNN, Jakarta Timur, Kamis (15/6/17).

Buwas mengatakan, berang bukti narkoba yang dimusnahkan kali ini merupakan hasil pengungkapan tiga kasus narkoba berbeda selama April hingga Mei 2017.

Baca Juga:  Anies : Mengaku Bekerjasama Dengan BNN, Tak Takut DKI Hilang Uang Jika Tutup 36 Tempat Dugem

Kasus pertama terkait pengungkapan upaya penyelundupan sabu dengan modus menggunakan kotak pendingin ikan laut. Pelaku merupakan jaringan sindikat narkotika internasional Malaysia-Aceh-Medan.

Sabu dikemas dalam bungkus plastik teh yang dimasukkan ke kotak fiber hijau pendingin ikan laut. Pelaku menyamarkan sabu tersebut dengan meletakkan di bawah tumpukan es batu.

“Barang bukti sabu seberat 26.972 gram. Lima orang tersangka dibekuk pada 14 Mei 2017 lalu, yaitu SU dan WA di Jalan Gatot Subroto, Sumatera Utara,” ujarnya.

Seorang tersangka berinisial AM berhasil diciduk di rumah kosnya di Sumatera Utara. Petugas juga mengamankan dua pelaku lainnya yaitu Togiman alias Toge dan Thomson Hutabarat, yang merupakan napi LP Tanjung Gusta. Mereka berperan sebagai pengendali jaringan.

Baca Juga:  Penyuluhan Bersama Polri, BNN : Indonesia Darurat Narkoba

Kasus Kedua terkait peredaran sabu di Bekasi pada 8 Mei 2017. “Kita amankan NY usia 36 tahun di Perumahan Harapan Indah. Kita sita sabu seberat 337 gram dan ekstasi 173 butir,” tuturnya.

Terakhir, terkait pengiriman sabu dengan tujuan Nusa Tenggara Barat (NTB). BNN membekuk pelaku berinisial WEN (48) yang merupakan pemesan sabu pada 29 April 2017.

Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Barat mengamankan sabu seberat 1.515,3 gram. dan juga menangkap pelaku lainnya yakni HER, AR, BUR, HAM. (dd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: