HomeDaerahPulau Jawa

BNN Pastikan “Permen Keras” Tidak Mengandung Narkoba

BNN Pastikan “Permen Keras” Tidak Mengandung Narkoba

SURABAYA, SUARADEWAN.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) memastikan tidak ada kandungan narkoba di dalam permen berbentuk dot bayi yang beredar kalangan anak Sekolah Dasar (SD) di Surabaya, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Kepastian ini menyusul keluarnya hasil uji laboratorium terhadap sampel permen yang sebelumnya diduga mengandung narkoba.

“Setelah dilakukan pengujian di Balai Laboratorium Narkoba BNN disimpulkan bahwa sampel permen tersebut negatif tidak mengandung narkotika ataupun bahan psikoaktif lainnya,” terang Kepala Bagian Humas BNN, Kombes Slamet Pribadi, Kamis (9/3/17).

Meski demikian, BNN tetap mengimbau kepada elemen masyarakat, terutama bagi para orang untuk mengawasi putra-putri mereka agar tidak menjadi korban bentuk peredaran narkoba.

“BNN mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap berbagai modus peredaran gelap narkoba yang semakin beragam,” ujar Slamet.

Sebelumnya, masyarakat Surabaya dibuat resah dengan beredarnya permen yang diduga mengandung narkoba. Permen dengan merek “Permen Keras” yang berbentuk dot bayi dan memiliki varian warna serta bentuk tersebut beredar luas di kalangan anak Sekolah Dasar (SD).

Kasus ini pertama kali terungkap berdasarkan pengakuan seorang anak SD yang merasakan pusing setelah mengkomsumsi permen.

“Pelajar SD ini mengaku pusing setelah mengkonsumsi permen tersebut,” ungkap Kepala Satuan Polisi (Satpol) PP Kota Surabaya, Irfan Widyanto, beberapa waktu lalu.

Satuan Polisis (Satpol) PP kota Surabaya lantas melakukan upaya pencegahan dengan merazia sejumlah penjual asongan dan toko di sekitar Sekolah yang disinyalir menjual permen tersebut.

Dari hasil penyisiran, sebanyak 345 botol permen berhasil di sita di empat kecamatan yang ada di Surabaya.

“Permen-permen yang sudah kami sita ini, belum tentu narkoba. Hanya patut diduga. Dikhawatirkan mengandung zat berbahaya untuk dikonsumsi anak-anak, terutama anak TK dan SD,” sebut Irfan. (DD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: 0