HomeHankam

BNN Ungkap Kasus Pencucian Uang Senilai Rp 39,6 Miliar dari Bandar Narkoba

BNN Ungkap Kasus Pencucian Uang Senilai Rp 39,6 Miliar dari Bandar Narkoba

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) menggeledah sebuah sel di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur. Dalam penggeledahan tersebut, petugas menemukan sejumlah fasilitas mewah yang ada di dalam sel milik narapidana bernama Haryanto Chandra.

“Kita tahu bosnya telah berada di Cipinang, kita melakukan penggeledahan di Cipinang, pada tanggal 31 Mei 2017 di dalam sel Heryanto, kita temukan laptop, Ipaad, empat HP, dan token. Fasilitas di Lapas pun terdapat AC, CCTV, WIFI, Aquarium dan menu makanan mewah, “ terang Kepala BNN, Komjen Budi Waseso di kantor BNN, Selasa (13/6/17).

Selain itu, petugas juga mengamankan uang senilai Rp 39,6 miliar. Buwas mengatkan, uang tersebut merupakan hasil tindak pidana pencucian uang yang dilakukan oleh para bandar narkoba jaringan Freedy Budiman.

Baca Juga:  BNN: 27,32 Persen Pengguna Narkoba Di Indonesia Adalah Pelajar dan Mahasiswa

“Dari kedua bandar, BNN telah menyita keseluruhan aset milik para bandar narkoba sebanyak Rp 39,6 miliar. Para tersangka kasus TPPU akan dikenakan pasal 136 huruf b UU 35 tahun 2009 tentang narkotika,” ujar Buwas.

Buwas menjelaskan, uang tersebut didapat dari dua kasus berbeda, dengan tersangk LLT, A, CJ dan CSN alias Calvin merupakan napi berkewarganegaraan Inggris.

Pada kasus pertama, BNN mengamankan A seorang terpidana yang telah divonis 14 tahun penjara pada tahun 2016 yang kini menghuni Lapas Cipinang dan LLT merupakan residivis dari Lapas Medaeng Surabaya yang telah divonis 4 tahun penjara pada tahun 2001.

Baca Juga:  BNN Desak Kejagung Segera Eksekusi Terpidana Mati Kasus Narkoba

Kemudian, BNN juga mengungkap jaringan Chandra Halim alias Akong yang telah divonis huuman mati di Lapas Cipinang karena kedapatan memiliki sabu sebanyak 45 kg.

Dalam kasus tetsebut BNN mengamankan dua orang pelaku CJ dan CSN. Diketahui CJ merupakan pengusaha money changer, dimana tempat usaha CJ dijadikan tempat penukaran uang dan pengiriman uang hasil perdagangan narkoba.

Setelah menangkap CJ, BNN mengamankan CSN alias Calvin, di Komplel Lokasari Blok A No 5, Jakarta Utara. CSN merupakan warga negara Inggris keponakan dari Chandra Halim berperan sebagai pengelola keuangan. (dd)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: