HomeDaerahJabodetabek

Bom Kampung Melayu Terkait Jaringan Jamaah Ansharut Daulah

Bom Kampung Melayu Terkait Jaringan Jamaah Ansharut Daulah

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Bom yang terjadi di Kampung Melayu Jakarta, Rabu (24/5/2017), diduga kuat terkait dengan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD). Hal tersebut diterangkan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Mabes Polri Kombes Martinus Sitompul karena menilai ada kesamaan pola serangan yang sebelumnya pernah juga menyasar kepolisian.

“Ini patut diduga melihat pola, melihat jenis-jenis serpihan bomnya itu, melihat kontennya itu, sama dengan kelompok teror ISIS yang selama ini melakukan aksi di Indonesia,” kata Martinus, Kamis (25/5/2017).

“Itu hampir sama. Pola, modus, serangannya ditujukan ke kepolisian,” lanjutnya.

Baca Juga:  Sebanyak 94 Terduga Teroris Ditangkap Densus 88 Sepanjang 2021

Hal senada juga disampaikan oleh Direktur Community of Ideological Islamic Analyst, Harits Abu Ulya. Ia menyatakan bahwa kedua terduga pelaku, yakni Akhmad Sukri dan Ichwan Nurul Salam, merupakan anggota lingkungan JAD.

“Nama keduanya tidak pernah beredar. Tapi anak-anak yang masuk dalam lingkaran Anshar Daulah,” terangnya.

Dari informasi yang didapat, JAD merupakan kelompok yang dipimpin oleh Aman Abdurrahman. Kelompok ini merupakan salah satu bagian dari Jamaah Ansharut Tauhid yang berafiliasi dengan ISIS.

Sebaran kelompok ini beroperasi di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, serta Maluku. Para pemimpin dari masing-masing wilayah juga sudah pernah melakukan pertemuan beberapa kali, termasuk di Malang, Jawa Timur beberapa waktu lalu.

Baca Juga:  BNPT TV Channel: Cara Kreatif Tangkal Terorisme Lewat Konten Kreatif

Di Amerika, JAD ini masuk kategori organisasi teroris. Menurut Departemen Luar Negeri Amerika, JAD adalah satu kelompok teroris berbasi di Indonesia yang didirikan pada tahun 2015, terdiri dari kelompok-kelompok ekstrimis yang berbait pada ISIS.

Sebelumnya, JAD dituding sebagai pelaku serangan teror di Jalan Thamrin, Jakarta tahun lalu. Para pelaku bom Cicendo juga tercatat sebagai kelompok teror JAD Jawa Barat. (ms)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: