HomeSosial Budaya

Boni Hargens : NU dan Muhammadiyah Perlu Tingkatkan Diskusi Kebangsaan

Boni Hargens : NU dan Muhammadiyah Perlu Tingkatkan Diskusi Kebangsaan

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Peran ormas keagamaan seperti Nadhlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah sangat penting bagi bangsa ini, terlebih khusus untuk membendung pemahaman-pemahaman radikal yang tak kunjung padam.

Pemahaman agama yang sangat ekstrem hanya akan merubah gerakan menjadi radikal, maka sudah menjadi tugas-tugas utama NU dan Muhammadiyah hadir mencerahkan ummat. Hal tersebut yang dikatakan oleh pengamat politik UI Boni Hargens, yang mendorong kedua ormas harus turun gunung untuk membendung faham-faham radikal.

Oleh karena itu, menurut Boni NU dan Muhammadiyah harus bisa saling bersinergi dengan pemerintah. Keterlibatan dua organisasi ini diharapkan mampu membuat kajian-kajian untuk memberikan pemahaman yang tepat kepada masyarakat.

Baca Juga:  Dukung NKRI Berasas Pancasila, KH Maimoen Zubair: Khilafah Sudah Mati

“Untuk itu, saya mengusulkan agar peran Nahdatul Ulama (NU) dan Muhamadiyah harus dimaksimalkan. Negara membutuhkan organisasi masyarakat ini,” katanya dalam keterangan tertulisnya yang didapati suaradewan.com, Kamis(4/5).

Lanjut Boni, dalam hal ini pemerintah juga semestinya memberikan bantuan dan dukungan anggaran kepada ormas-ormas ini dalam rangka pembangunan sosial di bidang integrasi sosial. Dengan begitu, menurut Boni NU dan Muhammadiyah bisa melakukan program-program diskusi tentang kebangsaan dan bernegara.

Baca Juga:  Victor Laisdokat Dinilai Hanya Mengungkap Fakta Kebenaran Bukan Fitnah

“Saya berharap, pemerintahan Pak Jokowi berani melakukan terobosan ini segera,” Boni berujar.

Boni pun mengatakan kalau sepanjang pemilu 2018 yang akan datang, akan sangat mengkhawatirkan jika gerakan radikalisme terus berkembang di tengah masyarakat. Ini berbahaya bagi keutuhan bangsa, karena Indonesia adalah negara yang pluralisme, tentu saja paham tentang Khilafah akan sangat salah kaprah.

“Harus ada keterlibatan dan peran aktif dari ormas-ormas keagamaan yang masih berkomitmen tegas untuk menjaga Pancasila dan NKRI,” tutup Boni. (aw/te)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: