Butuh Motivasi, Kata-kata Bijak dari Al-Qur’an Ini Dijamin Menenangkan Hati

SUARADEWAN.com — Jika merasa sedang berada di titik terendah, kita bisa membaca beberapa kutipan penyemangat dan memotivasi. Kata-kata bijak Islami dari Al-Qur’an juga bisa membantu menenangkan hati dan pikiran.

Al-Qur’an bebas dari keraguan karena kitab tersebut langsung diturunkan oleh Allah SWT. Alquran banyak mengajarkan orang untuk hidup seimbang, baik secara sosial dan spiritual, dipertahankan dan tidak berubah selama berabad-abad.

Selain itu, Al-Qur’an juga merupakan satu-satunya kitab yang telah dihafalkan dari sampul ke sampul oleh ribuan atau mungkin jutaan orang sejak diturunkannya.

Dalam kitabnya, Al-Qur’an memiliki sejumlah kutipan terbaik dan terindah yang telah disusun di setiap babnya.

Baca Juga: Butuh Motivasi dan Inspirasi, Baca 50 Kata-kata Bijak Terbaik Ini

Kata-kata mutiara dari Al-Qur’an ini akan menginspirasi dan memotivasi kita. Oleh karenanya, saat merasa sedang berada di titik terendah atau cemas akan sesuatu, kita bisa membaca kata-kata bijak Islami dari Al-Qur’an.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa kata-kata bijak yang bisa kita baca dari Al-Qur’an untuk menambah motivasi hidup.

  1. €œTuntun kami ke jalan yang lurus. (Al-Fatihah ayat 6)
  2. €œInilah kitab yang tidak diragukan lagi, petunjuk bagi orang-orang bertakwa. (Al-Baqarah ayat 2)
  3. maka apabila datang kepadamu petunjuk dari-Ku, maka barang siapa mengikuti petunjuk-Ku, maka tidak akan ada rasa takut pada mereka dan tidak pula mereka bersedih hati.€ (Al-Baqarah ayat 38)
  4. Dan janganlah kamu mencampuradukkan yang hak dengan yang batil atau menyembunyikan yang hak padahal kamu mengetahuinya.” (Al-Baqarah ayat 42)
  5. Jangan menyembah selain Allah, dan kepada orang tua berbuat baik dan kepada kerabat, anak yatim, dan orang yang membutuhkan. Dan bicaralah kepada orang-orang (perkataan) yang baik dan dirikan salat dan berikan zakat. Kemudian Anda berpaling, kecuali beberapa dari Anda, dan Anda menolak.€ (Al-Baqarah ayat 83)
  6. Jadi, ingatlah Aku, Saya akan ingat Anda. Dan bersyukurlah kepada-Ku dan jangan menyangkal Aku. (Al-Baqarah ayat 152)
  7. €œSesungguhnya kami adalah milik Allah, dan sesungguhnya kepada-Nya kami akan kembali. (Al-Baqarah ayat 156)
  8. €œSesungguhnya Allah adalah Tuhanku dan Tuhanmu, maka sembahlah Dia. Itulah jalan yang lurus. (Ali-Imran ayat 51)
  9. €œDan pegang teguh tali Allah semuanya dan jangan terpecah belah. Dan ingatlah nikmat Allah atasmu€“ ketika kamu adalah musuh dan Dia menyatukan hatimu dan kamu menjadi, dengan nikmat-Nya, saudara.€ (Ali-Imran ayat 103)
  10. €œSetiap jiwa akan merasakan kematian, dan kamu hanya akan diberikan ganti rugi (penuh) pada hari kiamat. Maka dia yang ditarik dari Neraka dan dimasukkan ke Surga telah mencapai (keinginannya). Dan apakah kehidupan dunia ini kecuali kenikmatan yang menipu.€ (Ali-Imran ayat 185)
  11. €œLaki-laki mengendalikan wanita dengan (hak) apa yang telah Allah berikan kepada yang satu atas yang lain dan apa yang mereka belanjakan (untuk pemeliharaan) dari harta mereka.€ (Ali-Imran ayat 34)
  12. Di mana pun Anda berada, kematian akan menyusul Anda, bahkan jika Anda berada di dalam menara dengan konstruksi yang tinggi.€ (An-Nisa ayat 78)
  13. €œSekutumu tidak lain adalah Allah dan (oleh karena itu) Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman, mereka yang mendirikan salat dan memberikan zakat, dan mereka membungkuk (dalam ibadah).€ (Al-Maidah ayat 55)
  14. Dan Dialah yang menciptakan langit dan bumi dengan hak. Dan pada hari Dia berkata, ‘Jadilah,’ dan jadilah, firman-Nya adalah kebenaran. Dan milik-Nyalah kekuasaan (pada) hari Terompet ditiup. (Dia adalah) Yang Mengetahui yang ghaib dan yang disaksikan; dan Dia Maha Bijaksana lagi Maha Mengetahui.€ (Al-Anam ayat 73)
  15. €œDan kehidupan dunia hanyalah hiburan, tetapi rumah akhirat adalah yang terbaik bagi orang-orang yang takut kepada Allah, maka apakah kamu tidak berpikir?€ (Al-Anam ayat 32)
  16. €œSesungguhnya rahmat Allah itu dekat kepada orang-orang yang berbuat baik.€ (Al-Araf ayat 56)
  17. Ambil apa yang diberikan dengan cuma-cuma, ajaklah apa yang baik, dan jauhi orang bodoh. Dan jika saran jahat datang kepadamu dari Setan, maka berlindunglah kepada Allah. Sesungguhnya Dia Maha Mendengar dan Mengetahui.€ (Al-Araf ayat 199-200)
  18. €œMaka ketika Alquran dibacakan, dengarkanlah dan perhatikanlah agar kamu mendapat rahmat.€ (Al-Araf ayat 204)
  19. Tetapi Allah tidak akan menghukum mereka sementara kamu (Hai Muhammad), ada di antara mereka, dan Allah tidak akan menghukum mereka ketika mereka mencari pengampunan.€ (Al-Anfal ayat 33)
  20. Ingatlah ketika kamu meminta pertolongan kepada Tuhanmu, dan Dia menjawabmu, Sesungguhnya, aku akan memperkuatmu dengan seribu dari malaikat, mengikuti satu sama lain.€ (Al-Anfal ayat 9)
  21. €œSesungguhnya milik Allah kerajaan langit dan bumi; Dia memberi kehidupan dan menyebabkan kematian. Dan kamu tidak memiliki pelindung atau penolong selain Allah.€ (At-Taubah ayat 116)
  22. €œMajulah, baik ringan maupun berat, dan berjuanglah dengan harta dan jiwamu di jalan Allah. Yang demikian itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. €(At-Taubah ayat 41)
  23. €œTidak diragukan lagi, kepunyaan Allah apa yang ada di langit dan di bumi. Tidak diragukan lagi, janji Allah itu benar, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.” (Yunus ayat 55)
  24. Orang-orang yang beriman dan hatinya tenteram dengan mengingat Allah. Tidak diragukan lagi, dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram. Orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka keadaan yang baik dan tempat kembali yang baik.€ (Ar-Rad ayat 28-29)
  25. Ya Tuhan kami, ampunilah aku dan kedua orang tuaku dan orang-orang beriman pada hari perhitungan itu dibuat. (Ibrahim ayat 41)
  26. €œJika kamu bersyukur, saya pasti akan meningkatkan kamu (dalam nikmat), tetapi jika kamu menyangkal, sungguh, hukuman-Ku sangat keras.€ (Ibrahim ayat 7)
  27. €œDan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan yang ada di antara keduanya kecuali dengan hak. Dan memang, saatnya akan datang, jadi, maafkan dengan pengampunan yang murah hati.€ (Al-Hijr 85)
  28. Pada hari ketika setiap jiwa akan datang untuk memperdebatkan dirinya sendiri, dan setiap jiwa akan mendapat balasan penuh atas apa yang dilakukannya, dan mereka tidak akan dianiaya.€ (An-Nahl ayat 111)
  29. €œDan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan suka cita. Sungguh, kamu tidak akan pernah mengobrak-abrik bumi (terpisah), dan kamu tidak akan pernah mencapai ketinggian gunung.€ (Al-Isra ayat 37)
  30. Harta dan anak-anak hanyalah perhiasan kehidupan dunia. Namun, amal kebaikan yang bertahan lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu dan lebih baik harapannya.€ (Al-Kahfi ayat 46)
  31. Dan mereka semua datang kepada-Nya pada hari kiamat saja.€ (Maryam ayat 95)
  32. setiap jiwa dibalas sesuai dengan apa yang diperjuangkannya. (At-Taha ayat 20)
  33. €œSetiap jiwa akan merasakan kematian. Dan Kami menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan; dan kepada Kami kamu akan dikembalikan.€ (An-Anbiya ayat 35)
  34. Katakan kepada orang-orang beriman untuk mengurangi (sebagian) penglihatan mereka dan menjaga kemaluan mereka. Itu lebih suci bagi mereka. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.€ (An-Nur ayat 30)
  35. Dan hamba-hamba Yang Maha Penyayang adalah mereka yang berjalan di bumi dengan mudah, dan ketika orang bodoh berbicara kepada mereka (kasar), mereka mengatakan (perkataan) damai.€ (Al-furqon ayat 63)
  36. €œDan apabila aku sakit. Dialah yang menyembuhkanku.€ (Ash-Shura ayat 80)
  37. Jadi, bersabarlah. Sungguh, janji Allah adalah kebenaran. Dan janganlah mereka mengganggu kamu yang tidak yakin (dalam iman).€ (Ar-Rum ayat 60)
  38. Dan tidak ada seorang pun yang mengetahui apa yang tersembunyi bagi mereka dari kesenangan mata sebagai balasan atas apa yang mereka kerjakan.€ (As-Sajdah ayat 17)
  39. €œPerintah-Nya hanyalah jika Dia menghendaki sesuatu lalu Dia berfirman kepadanya, ‘Jadilah’, maka jadilah.€ (Yasin ayat 82)
  40. Dia berkata, ‘Tuhanku, ampunilah aku dan berilah aku kerajaan yang tidak akan dimiliki oleh siapa pun setelah aku. Sungguh, Engkau adalah Sang Pemberkah.€ (As-Sad ayat 35)

Nah, itulah beberapa kata-kata bijak Islami dari Al-Qur’an yang bisa kita bacakan. Semoga bermanfaat. (ed)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90