HomeDPR RI

Cegah Kampanye Hitam, RUU Pemilu akan Mengatur Regulasi Kampanye di Media Sosial

Cegah Kampanye Hitam, RUU Pemilu akan Mengatur Regulasi Kampanye di Media Sosial

JAKARTA, SUARADEWAN.com – Selama ini, aturan tentang mekanisme kampanye di media sosial hanya termuat di Peraturan Komisi Pemilihan Umum, dan belum ada di produk undang-undang. Kedepan Rancangan Undang-Undang Pemilu akan mengatur mekanisme kampanye di media sosial.

“UU lain sebelumnya belum atur di medsos. Yang atur di PKPU itu pun akun resmi, namun akun liar belum diatur,” kata anggota Pansus RUU Pemilu, Achmad Baidowi, di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat, 21 April 2017.

Bagi politikus PPP ini, diperlukan payung hukum agar tidak terjadi kampanye hitam dari akun-akun liar itu terhadap salah satu calon.

“Pengaturan di medsos penting karena ke depan era digital politik. Digital politik kan nggak bisa disangka yang begitu hebatnya,” ujar Baidowi.

“Masyarakat risih ketika orang berantem di medsos karena muncul sebuah komentar tanpa ‘tedeng aling-aling’,” tambah dia.

Baidowi mengatakan pihaknya meminta pemerintah ikut mengusulkan bagaimana teknis pengaturan di medsos ini. Termasuk merumuskan bagaimana konten kampanye hitam di medsos.

“Tujuannya bisa terkontrol dan berkurang, terkendalikan dan tidak bebas,” kata dia. (SD)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: