Sorot  

COP15 Harusnya Dorong Pemerintah Akui Seluruh Hutan Adat

Sekar Banjaran Aji dan para rekan dalam unjuk rasa di COP15 Montreal, Kanada. Foto: Greenpeace Indonesia

SUARADEWAN.com – Juru Kampanye Hutan Greenpeace Indonesia, Sekar Banjaran Aji, mengikuti Konferensi Keanekaragaman Hayati PBB ke-15 atau CBD COP15 di Montreal, Kanada pada Desember lalu yang juga membicarakan tentang masyarakat adat dan hutan adat.

Sekar Banjaran Aji mengatakan pada saat itu, “Implementasi kesepakatan ini harus memastikan bahwa hak, pengetahuan, pandangan, nilai, dan praktik hidup masyarakat adat dihormati. Setiap pengambil kebijakan mesti secara eksplisit merujuk Deklarasi PBB tentang Hak-hak Masyarakat Adat (UNDRIP) serta prinsip-prinsip hak asasi manusia.”

Kesepakatan dalam COP15 mestinya mendorong pemerintah Indonesia dalam mempercepat pengakuan terhadap masyarakat adat dan wilayahnya.

Di Indonesia, kata Sekar, terdapat 17,7 juta hektare wilayah adat yang telah dipetakan namun belum seluruhnya mendapat pengakuan.

Indonesia telah mengakui 3,1 juta hektare atau hanya 15% dari total luas wilayah adat yang sudah dipetakan.

Masyarakat yang wilayahnya sudah diakui pun masih berjuang untuk menolak konsesi perusahaan yang sering menindas hak-hak mereka.

Sekar mengatakan kritiknya terhadapa Kementerian Lingkungan Hidup yang masih menganggap 70% tanah adat yang telah dipetakan Badan Registrasi Wilayah Adat (BRW) sebagai kawasan hutan nasional. Hal itu terjadi meskipun Mahkamah Konstitusi sudah mengeluarkan keputusan Nomor 35 tahun 2012 yang menyatakan bahwa hutan adat adalah hutan yang berada dalam wilayah masyarakat hukum adat.

Kerugian masyarakat adat berhadapan dengan perusahaan yang merampas hak hidup mereka di atas tanah atau hutan adat antara lain mendapat pembelaan dari Persatuan Pembela Masyarakat Adat Nusantara.

Pada 2021, organisasi advokasi masyarakat tersebut melaporkan setidaknya 13 kasus perampasan tanah terhadap masyarakat adat atas 251.000 hektare lahan yang merupakan hak hidup dari 103.717 individu.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90