oleh

Daftar Tempat Wisata di Jogja yang Estetik dan Mudah Ditemukan

YOGYAKARTA, SUARADEWAN.com — Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi bukan hanya Malioboro dan Tugu Jogja. Masih ada bukit bintang, lava bantal, studio alam gamplong, keraton, benteng, gumuk pasir, hutan pinus, candi, sampai penampang pantainya.

Jogja memang kota yang istimewa, kota paling romantis dan syahdu untuk jalan-jalan berdua sampai bareng keluarga. Tempat wisata di Jogja tidak menyoal pada sejarah saja, tetapi penampang alam yang indah nan megah.

Tak perlu ragu lagi untuk datang ke tempat wisata di Jogja. Banyak tempat menarik, asyik, dan estetik untuk ber-swa-foto. Ingin berkunjung saat pagi, siang, sore, maupun malam tetap bisa dilakukan. Tempat wisatanya pun mudah ditemukan dan murah meriah.

Langsung saja simak penjelasan tentang tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi, berikut kami rangkum dari berbagai sumber, Rabu (10/3/2021).

Tempat Wisata di Jogja yang Wajib Dikunjungi

Malioboro

Tempat ini sudah menjadi tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Selain kamu bisa membeli suvenir khas Jogja, jalan-jalan di sepanjang Jalan Malioboro tidak perlu mengeluarkan uang loh. Alias gratis!

Jika dahulu pasar ini selalu ramai karena kendaraan yang parkir di depan toko, maka kini parkir dialihkan pada suatu bangunan. Setiap pengunjung pun dapat lebih nyaman berjalan dan berbelanja. Bagi umat muslim juga tersedia masjid. Maka kamu tak perlu khawatir melewatkan jam ibadah karena sedang berwisata.

Tugu Jogja

Tugu Jogja juga kerap disebut sebagai tugu pal putih. Tempat wisata di Jogja ini menjadi lambang dari kota Jogja yang sangat ikonik. Tugu Jogja berada kurang lebih 1 kilometer dari Stasiun Tugu.

Tugu ini menjadi simbol dari garis lurus yang menghubungkan laut selatan, kraton Jogja dan gunung Merapi. Tugu Jogja menjadi salah satu wisata Jogja yang tak pernah sepi pengunjung.

Titik Nol Kilometer

Banyak orang mengatakan, semua kisah tentang Jogja berawal dari sini. Mengapa? titik nol kota Jogja adalah sebuah titik yang menjadi patokan penentu jarak antar daerah di Jogja atau kota-kota lain di luar Jogja.

Tempat wisata di Jogja ini berada di lintasan antara alun-alun utara hingga Ngejaman di ujung selatan Malioboro. Tempat ini biasa digunakan para wisatawan yang berkunjung untuk menyaksikan berbagai pentas seni yang diselenggarakan oleh berbagai pihak.

Seperti komunitas mahasiswa di kampus, komunitas tertentu yang tak berhubungan dengan kampus, bahkan program pemerintah jika bertepatan dengan hari raya.

Benteng Vredeburg

Dulunya, Benteng Vredeburg ini merupakan beteng peninggalan belanda yang dibangun untuk memudahkan dalam mengontrol segala perkembangan yang terjadi di dalam Kraton Yogyakarta. Kini, Benteng Vredeburg difungsikan sebagai sebuah museum.

Di dalam tempat wisata di Jogja ini terdapat diorama sejarah Indonesia, minirama, media interaktif, ruang audiovisual dan benda benda bersejarah lainnya. Bangunan dari Benteng Vredeburg juga terawat dengan baik dan masih mempertahankan bentuk aslinya.

Puncak Suroloyo

Jika ingin lebih dekat lagi dengan alam bebas, pengunjung bisa mencoba tempat wisata di Jogja dengan wisata alam Puncak Suroloyo. Akan tetapi memang diperlukan banyak usaha untuk bisa sampai ke atas puncak Suroloyo, karena pengunjung akan dihadapkan tangga sebanyak 200 anak tangga.

Namun, jangan khawatir karena semua rasa lelah dan usaha tak akan terbuang sia-sia. Semuanya akan terbayar dengan keindahan panorama alam yang membentang luas dan siap memanjakan indera penglihatan.

Lokasinya Puncak Suroloyo ini terletak di sepanjang Perbukitan Menoreh. Tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kulon Progo, DIY.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan istana resmi Kesultanan Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton Yogyakarta menjadi simbol kejayaan Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat hingga saat ini.

Sebagian kompleks keraton dari tempat wisata di Jogja ini merupakan museum yang menyimpan berbagai koleksi milik kesultanan, termasuk berbagai pemberian dari raja-raja Eropa, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Taman Sari

Selain keraton, tempat wisata di Jogja yang tak boleh dilewatkan adalah Taman Sari. Tempat ini adalah situs bekas taman atau kebun istana Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Taman Sari dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I sebagai tempat peristirahatan para istri dan selir raja.

Tempat wisata di Jogja ini kini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan kemegahan kerajaan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Tempat ini juga termasuk tempat instagramable yang kerap digunakan untuk berfoto dengan latar belakang istana taman air.

Situs Warungboto

Sekilas Situs Warungboto yang juga dikenal dengan pesanggrahan Rejowinangun ini mirip dengan Taman Sari. Pada awalnya, tempat wisata di Jogja ini merupakan lokasi sebuah pesanggrahan dan pemandian raja.

Pesanggrahan yang dibangun era HB II ini memiliki banyak ruang, mulai dari ruang utama hingga pendukung. Ruang utama ada di bagian utama pesanggrahan, meliputi ruang pengimaman dan kolam. Dulunya situs ini merupakan tempat untuk istirahat kerabat Keraton Yogyakarta.

Alun-Alun Kidul

Alun-alun kidul merupakan salah satu tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi. Alun-Alun Kidul merupakan halaman belakang Keraton Kesultanan Yogyakarta. Di sinilah pohon beringin kembar yang legendaris itu berada. Biasanya wisatawan yang penarasan mencoba tradisi masangin, melewati kedua pohon raksasa itu dengan mata tertutup.

Baca Juga:  Santy Ngutik di Swiss-Belhotel Mangga Besar Bahas Industri Hotel dan Wisata Saat Pandemi

Alun-Alun Kidul menjadi pusat kegiatan warga di hari libur. Semakin malam pengunjungnya semakin ramai. Di sini kamu bisa menikmati jajan di lesehan atau mencoba becak dan odong-odong hias yang dihias dengan lampu warna-warni. Benar-benar semarak. Masuk ke kawasan alun-alun kidul ini tidak dipungut biaya.

Kedung Pedut

Berada di dataran tinggi Kulonprogo, Desa Kembang, Jatimulyo, Giromulyo, Kedung Pedut merupakan tempat wisata di Jogja daerah Kulon Progo, berupa air terjun yang sering dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Wisatawan yang masuk menikmati suasana Kedung Pedut dapat memilih beberapa spot untuk berfoto. Air Terjun Kedung Pedut dikenal karena keindahan warna airnya yang putih jernih kehijauan.

Warna putih jernih terjadi karena aliran air deras yang berasal dari air terjun di samping kedung ini, sedangkan warna hijau toska terbentuk dari pantulan batuan di dasar sungai.

Gumuk Pasir Parangkusumo

Tempat wisata di Jogja selanjutnya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi ini termasuk tempat unik karena terbentuk dari material Gunung Merapi yang mengalir melalui Sungai Opak dan Sungai Progo yang kemudian terbawa ombak dan mengendap di pantai.

Material yang mengendap kemudian mengering dan terbawa angin lalu terbang kedaratan sehingga mengalami proses Deposisi menjadi Gumuk Pasir. Gumuk Pasir biasanya jadi paket wisata bersama pantai Parangtritis dan pantai-pantai lainnya.

Lava Bantal Jogja

Lava Bantal terbentuk karena lahar yang keluar dari gunung api bawah laut. Lahar panas yang berkontak langsung dengan air dingin menyebabkan mineralnya mengalami pembekuan yang membentuk geometri mirip tumpukan bantal. Sederet batuan berbentuk seperti bantal yang di tengahnya mengalir sungai menjadi destinasi alam yang unik untuk tempat wisata di Jogja ini.

Gamplong Studio Alam

Gamplong Studio Alam merupakan sebuah tempat wisata di Jogja yang masih dibilang baru. Gamplong Studio Alam merupakan lokasi yang dijadikan syuting film terbaru besutan Hanung Bramantyo, Sultan Agung The Untold Love Story.

Mengambil setting abad ke-16 dan 17, lahan yang semula tanah kas milik desa disulap jadi kawasan Indonesia abad ke-16. Di dalam, Gamplong Studi Alam juga terdapat sebuah kereta kuda, gerbang replika benteng Batavia, replika bangunan di kampung Pecinan dan bangunan lainnya.

Hutan Pinus Mangunan

Di Hutan Pinus Mangunan atau sering disebut Hutan Pinus Imogiri kamu dapat menikmati kesejukan pepohonan pinus yang menjulang tinggi dengan suasana alam yang asri dan tenang.

Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata di Jogja Seribu Batu Songgo Langit yang tak jauh dari Hutan Pinus Mangunan. Di tempat ini ada banyak titik bagus untuk berfoto, seperti bangunan rumah Hobbit yang Instagramable.

Pantai Glagah

Pantai Glagah merupakan pantai yang paling terkenal di Kulon Progo. Pantai ini cukup menarik karena memiliki laguna yang indah. Laguna tersebut terbentuk dari bagian daratan agak cekung yang berisi air laut pasang. Semakin lama, cekungan ini membentuk telaga dengan tepian yang subur dan ditumbuhi rumput liar.

Selain dikenal dengan lagunanya, tempat wisata di Jogja ini juga dikenal dengan tetrapod atau pemecah ombak. Tetrapod ini terbuat dari beton berkaki empat yang berfungsi untuk memecah ombak.

Ditengah-tengah hamparan tetrapod ini dibangun dermaga panjang dimana pengunjung dapat berjalan ke arah laut. Lokasi tetrapod inilah yang menjadi pilihan wisatawan untuk mencari foto terbaik. Terutama saat ombak yang datang mengenai tetrapod-tetrapod tersebut.

Air Terjun Sidoharjo

Air Terjun Sidoharjo merupakan air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Yogyakarta. Ketinggiannya mencapai hingga 75 meter dan debit air yang cukup deras, air terjun ini tampak megah dan sangat memesona.

Tempat wisata di Jogja ini berlokasi di Gerbosari, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo. Selain air terjun, Anda juga dapat menikmati kolam yang cocok untuk berenang dan menikmati sensasi alam yang asri dan menenangkan.

Candi Prambanan

Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Tempat wisata di Jogja ini terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk kompleks Candi Prambanan terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

Candi Ijo

Candi Ijo merupakan candi tertinggi yang ada di Jogja. Tempat wisata di Jogja yang bercorak Hindu ini berada lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung. Dari lokasi ini kamu bisa menyaksikan keindahan alam pegunungan Jogja yang asri.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko atau juga disebut Situs Ratu Baka merupakan situs purbakala berbentuk pemukiman. Ratu Boko diperkirakan sudah dipergunakan orang pada abad ke-8 pada masa Wangsa Sailendra. Tempat wisata di Jogja ini merupakan kompleks profan, lengkap dengan gerbang masuk, pendopo, tempat tinggal, kolam pemandian, hingga pagar pelindung.

Candi Sambisari

Candi Sambisari merupakan tempat wisata di Jogja bercorak Hindu yang berlokasi di Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun pada dekade awal abad ke-9. Kini Candi Sambisari termasuk destinasi wisata bersejarah uang banyak dikunjungi wisatawan.

Baca Juga:  Audiensi Bersama Harian KR, ABG Jogja Kian Mantapkan Sikap Tolak HTI

Pantai Nglambor

Pantai Nglambor itu tempatnya snorkeling. Di sini kamu berkesempatan untuk berenang dengan ikan beraneka warna. Kalau sedang beruntung bahkan bisa bertemu dengan kura-kura laut berukuran besar.

Bagi yang malas snorkeling pun, tempat wisata di Jogja ini tetap memesona dengan airnya yang biru jernih dan berombak kecil. Bikin betah selonjoran di tepian sampai sore. Tarif masuknya hanya Rp 5.000 saja.

Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal merupakan salah satu t tempat wisata di Jogja andalan Gunung Kidul. Pantai cantik yang dikelilingi batu karang ini merupakan tempat yang cocok untuk menikmati keindahan sunset.

Selain itu Pok Tunggal juga masih tergolong sepi. Jadi kamu bisa menikmati kesyahduan panoramanya tanpa gangguan. Tarif masuknya juga hanya Rp 3.000 saja.

Air Terjun Sri Gethuk

Tempat wisata di Jogja yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Sri Gethuk. Tak cuma air terjun, kamu juga bisa menikmati keindahan sungai hijau, hamparan sawah, dan hutan sepanjang perjalanan menuju air terjun utama. Bagi yang ingin menyusuri sungai dengan berperahu ada perahu mesin yang bisa digunakan dengan membayar Rp 5.000,00 saja.

Bukit Bintang

Tempat wisata di Jogja yang satu ini menyuguhkan pemandangan kota di malam hari yang bertabur ‘bintang’. Karena ketinggiannya, tempat ini disebut Jogja lantai 2. Nongkrong bersama teman di Bukit Bintang akan terasa semakin nikmat dengan jajanan hangat yang tersedia di sana.

Kebun Bunga Matahari

Tak hanya di Gunungkidul, kebun bunga matahari juga hadir di Pantai Glagah. Memang dulunya pantai ini identik dengan laguna dan juga tetrapod yang memiliki fungsi guna memecah ombak.

Kini, tempat wisata di Jogja ini juga memiliki suatu spot yang dapat menarik para wisatawan untuk datang, berupa kebun Bunga Matahari. Bagi yang ingin berkunjung ke wisata alam ini, pahami musim berkembangnya matahari.

Jika tak beruntung, pengunjung tidak dapat melihat kecantikan merekahnya bunga Matahari. Kebun bunga matahari ini terletak di Glagah, Temon, Kulon Progo, DIY. Di sini, pengunjung bisa melakukan swafoto bersama dengan bunga matahari semenarik mungkin.

Goa Kiskendo

Bagi pecinta goa, Kulon Progo juga memiliki wisata alam goa Kiskendo yang wajib dikunjungi. Eksotisnya stalagtit dan stalagmit goa Kiskendo menjadi daya tarik yang disuguhkan kepada setiap wisatawan yang berkunjung.

Tempat wisata di Jogja ini memiliki sejarah yang konon merupakan tempat bekas pertempuran empat ksatria, yaitu Maesuro dan Lemusur melawan Sugriwo dan Subali. Hal ini telah dijelaskan oleh masyarakat sekitar.

Jika pengunjung berencana datang ke goa Kiskendo, bisa datang setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB. Lokasinya sendiri terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, DIY.

Mangrove Jembatan Api-Api

Di Kulon Progo banyak tempat wisata yang Instagramable, salah satunya Mangrove Jembatan Api-Api yang akhir-akhir ini sedang ngehits dan populer di kalangan traveler.

Tempat wisata di Jogja ini mempunyai banyak daya tarik, terutama nuansa alamnya yang asri dan udaranya yang sangat menyejukkan.

Nuansanya yang indah dan Instagenik membuat tempat ini menjadi spot selfie populer di Instagram. Jika kamu pergi ke Yogyakarta, tempat ini wajib ada dalam daftar tempat wisata yang harus dikunjungi.

Kalibiru

Kalibiru merupakan tempat wisata di Jogja daerah Kulon Progo yang populer karena keindahan yang ditawarkan. Kalibiru berjarak sekitar 40-45 kilometer dari pusat Kota Jogja, berada di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo.

Lokasi Kalibiru berupa area hutan kemasyarakatan yang ada di perbukitan Menoreh. Kalibiru menawarkan panorama waduk Sermo dan hutan yang asri dari ketinggian 450 mdpl.

Di sini pengunjung dapat menemukan banyak spot foto dengan latar belakang pemandangan alam yang indah. Cocok untuk para pemburu foto instagramable. Selain itu di Kalibiru akan mendapati suasana dan udara yang sejuk dan tenang.

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung yang berada di Pathuk, Wonosari ini adalah tempat terbaik untuk menyaksikan sunrise di antara bukit-bukit indah yang diselimuti kabut.

Di sini wisatawan juga bisa berkemah. Disarankan berkunjung saat cuaca cerah, karena tanah merah di kawasan gunung akan terasa licin jika hujan mengguyur. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 7.000 saja.

Waduk Sermo

Waduk Sermo berada di kawasan Bukit Menoreh, tepatnya di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata di Jogja ini dibangun mulai 1994 dan diresmikan oleh Presiden Soeharto 20 November 1996.

Tujuan utama dibangunnya waduk Sermo adalah untuk pemenuhan kebutuhan irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, keindahan wauk Sermo dijadikan sebagai tempat wisata di Kulon Progo.

Waduk Sermo menawarkan suasana tenang dan segar bagi para pengunjungnya. Anda juga dapat menyewa perahu untuk mengarungi waduk dengan luas kuran lebih 157 Ha ini. (lip6)

Komentar

Berita Lainnya