HomeDaerahPulau Jawa

Dari Gedung DPRD Yogyakarta, Gerak Pancasila Serukan Keberagaman Untuk Bangsa

Dari Gedung DPRD Yogyakarta, Gerak Pancasila Serukan Keberagaman Untuk Bangsa

YOGYAKARTA, SUARADEWAN.com – Upaya menegakkan keanekaragaman kebangsaan yang sejatinya menjadi ciri khas bangsa Indonesia semakin menggema dari ujung Sabang sampai Marauke. Dari masa ke masa Indonesia hidup rukun, damai dan tanpa konflik menjadikan bangsa Indonesia yang kuat, kokoh dan dihormati dunia dengan keberagaman ini.

Hal tersebut yang disampaikan oleh Ketua Gerakan Rakyat Pancasila (Gerak Pancasila) Widihasto Wasana Putra dalam sambutannya di acara yang digelar di pelataran halaman Gedung DPRD DI Yogyakarta pada Sabtu (22/7/2017). Acara yang disebut sebagai Syawalan kebangsaan tersebut juga menampilkan berbagai seni budaya.

Menurut Widihasto Syawalan Kebangsaan Gerak Pancasila ini bertujuan untuk turut merayakan 1 Syawal 1438 Hijriah. Dan juga mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan diantara komponen warga bangsa berdasarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

“Sekaligus upaya merawat keanekaragaman agama, suku dan budaya yang ada tetap bersatu dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” terang Widihasto

Tak hanya menampilkan aneka seni lintas budaya, Syawalan Kebangsaan ini juga melakukan dialog kebangsaan dengan menghadirkan para pembicara yang kompetan dalam pemikiran kebangsaannnya.

Adapun tema yang diangkat adalah ; “Merajut Silaturahmi Mengokohkan NKRI Berlandaskan Pancasila Dalam Spirit Bhineka Tunggal Ika”, turut serta menghadirkan Gus Irwan Masduki (Pengasuh Ponpes Assalafiyah ll Mlangi Sleman), Dr. Muhammad Azhar, MA. (Dosen FAI & Pascasarjana UMY), Romo Aloysius Budi Purnomo Pr (Ketua Komisi Hubungan Antaragama dan Kepercayaan Keuskupan Agung Semarang), dan I Nyoman Santiawan, S.Pd., M.B.A. (Ketua Putra Bali Purantara Yogyakarta) serta sejumlah tokoh lintas iman lain.

Lanjut Widihasto, acara yang bertujuan menciptakan suasana akrab dan kental dengan spirit kerakyatan acara Syawalan Kebangsaan Gerak Pancasila ini juga menampilkan 60 orang. Dengan begitu, kata Hasto, format acara dibuat semacam bentuk lesehan dengan hidangan makanan tradisional seperti ketela, pisang dan kacang rebus.

“Penampilan seni pertunjukan akan diisi oleh Hadrah Hikmah Salam dari kampung Bumijo Yogyakarta binaan Gerakan Pemuda Ansor Kota Yogyakarta, tarian Sekar Jagad yang dibawakan Keluarga Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia, tarian Di Bawah Sinar Rembulan persembahan Perhimpunan Fu Qing Yogyakarta, tarian Sufi dari Ponpes Al Islah Semarang, pentas siter-kecapi Ujang Panji, pentas musik Erhu oleh Siong Hien dan vocal group Republik Guyub serta pembacaan puisi Adinda Dilan siswi SMA I Yogyakarta,” tutur Widihasto.

“Gerak Pancasila bertekad untuk terus menginisiasi munculnya gerakan-gerakan sosial dalam rangka idiologisasi nilai-nilai Pancasila di tengah masyarakat, tutup dia. (aw)

COMMENTS

WORDPRESS: 0
DISQUS: