HomeDaerahTangerang Raya

DBPR Tangsel Aktif Selenggarakan Penajaman Program Strategis di Tahun 2019

DBPR Tangsel Aktif Selenggarakan Penajaman Program Strategis di Tahun 2019

TANGSEL, SUARADEWAN.com — Dinas Bangunan dan Penataan Ruang (DBPR) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan penajaman perencanaan program dan kegiatan Strategis di tahun 2019 mendatang.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas DBPR Dendi Priyandana, pada saat kegiatan rapat dengan sejumlah Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Rumah Makan Lembur Kuring, Serpong, (14/03/2018).

Dalam pemaparannya, di hadapan Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, Dendy menuturkan sejumlah isu strategis yang harus segera disikapi. Diantaranya perihal sarana dan prasarana gedung pemerintahan, kondisi bangunan sekolah, keterbatasan ruang kelas, kemudian penyediaan sarana air bersih khususnya bagi masyarakat kurang mampu, serta sejumlah isu strategis lainnya.

Kegiatan Rapat Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Rumah Makan Lembur Kuring, Serpong, (14/03/2018)

“Dari sejumlah program tersebut, pagu indikatif tahun 2019 DBPR Kota Tangsel sebesar Rp 305 Milyar, dan ditambah jumlah pagu usulan Musrenbang kecamatan dan kelurahan sebesar Rp 9.866.515.900 Milyar, sehingga total mencapai Rp 314.866.515.900,” ujarnya.

Baca Juga:  Bangun Sekolah Menyenangkan, Wakil Walikota Tangsel Launching GSBM

Sehingga diharapkan, sambung Dendi, dengan adanya forum ini diharapkan kedepan dapat mewujudkan adanya pendekatan perencanaan menggunakan sistem perencanaan bawah ke atas (bottom up). Tentunya dengan melalui daftar prioritas hasil perencanaan partisipatif yang telah dilakukan melalui Musrenbang tingkat Kelurahan dan Kecamatan.

“Jadi nantinya rencana kerja tersebut menjadi prioritas untuk disinkronkan dalam Rencana Kerja OPD,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie menuturkan, bahwa forum ini diharapkan bisa mengendalikan pembangunan dengan perencanaan yang matang.

Kegiatan Rapat Forum Gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Rumah Makan Lembur Kuring, Serpong, (14/03/2018)

“Kita dorong fungsi dan pengendalian serta perencanaan SKPD ke fungsi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Ini pun dilakukan untuk mewujudkan Tangsel sebagai kota layak huni yang berwawasan lingkungan berbasis inovasi dan teknologi, serta berdaya saing,” paparnya.

Baca Juga:  Wakil Walikota Tangsel Sidak Gedung Tiga, Begini Isi Pesannya

Benyamin pun berharap, bahwa setiap usulan yang masuk harus sesuai dengan visi dan misi Kota Tangsel. Sehingga mampu meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik.

“Saya dan Ibu Airin harus menyusun laporan pertanggungjawaban akhir masa jabatan. Pertanyaannya apakah usulan yang sudah masuk sesuai dengan visi dan misi, apakah sepenggal-sepenggal saja. Ini yang harus dipikirkan, sehingga kita bisa meningkatkan tata kelola pemerintahan yang baik berbasis teknologi, dengan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal untuk menyusun program kerja agar terwujudnya RPJMD Kota Tangsel,” pungkasnya. (adv)

Comment