Demo KUHP 2022, Kenang 5 Korban Demo KUHP 2019

SUARADEWAN.com – Di sela-sela aksi demonstrasi KUHP 2022, mahasiswa sempat menggelar aksi tabur bunga untuk kematian lima rekannya yang ikut aksi penolakan RKUHP dan UU KPK pada 2019 silam.

Mereka adalah Maulana Suryadi (23), Akbar Alamsyah (19) dan Bagus Putra Mahendra (15) di Jakarta dan dua mahasiswa Universitas Haluoleo yakni Immawan Randi (21) serta Muhammad Yusuf Kardawi (19).

Mahasiswa siap konsolidasi kanjutan untuk tolak KUHP baru. Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua BEM UI usai bubaran demo di Senayan kemarin.

“Kita konsolidasi nasional lagi,” tegas Ketua BEM Universitas Indonesia (UI) Bayu Satria Utomo.

Ia menyampaikan lebih lanjut, bahwa pihaknya akan kembali melakukan aksi yang lebih besar hingga KUHP dicabut.

Dalam aksi mereka, mahasiswa menuntut agar DPR RI mencabut kembali KUHP yang sudah disahkan pada 6 Desember 2022 lalu. Mereka menilai KUHP yang disahkan banyak ditemukan pasal-pasal bermasalah.

Saat itu sekitar pukul 19.30 WIB, mahasiswa secara tertib meninggalkan area gerbang DPR RI sambil bernyanyi-nyanyi lagu andalan yang selalu dinyanyikan dalam demo apapun.

“Hari-hari esok adalah milik kita terciptanya masyarakat sejahtera, terbentuknya tatanan masyarakat Indoensia baru tanpa Orba,” teriak mahasiswa tetap bersemangat dan optimis. [***]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner 728x90